• Minggu, 2 Oktober 2022

Beragam Manfaat Daun Pepaya Jepang, Atasi Nyeri Haid, Sehatkan Pencernaan dan Anti Kanker

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Daun pepaya jepang punya beragam manfaat bagi kesehatan
Daun pepaya jepang punya beragam manfaat bagi kesehatan

Watyutink.com - Manfaat daun pepaya untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Para ahli herbal menyebut daun pepaya mengandung beragam manfaat bagi manusia. Selain lezat untuk bahan makanan, daun pepaya juga berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit seperti demam berdarah, pencernaan, hingga tekanan darah tinggi dan risiko kanker.

Ternyata ada tanaman yang mempunyai bentuk mirip daun pepaya. Masyarakat biasa menyebutnya Pepaya Jepang. Sama Seperti pepaya, daun pepaya jepang juga kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun pepaya jepang bagi kesehatan?

Meskipun ada nama ‘jepang’ tapi sebetulnya daun pepaya jepang bukan berasal dari negeri sakura. Tanaman ini berasal dari tanah Sunda. Selain itu tanaman ini juga berbeda dengan pohon pepaya. Pohon pepaya jepang ukurannya pendek, hanya sekitar satu meter dan tidak berbuah. Mungkin karena bentuk daunnya yang menyerupai daun pepaya, maka orang menyebutnya sebagai ‘daun pepaya jepang.’

Namun dalam hal manfaat bagi kesehatan, daun pepaya jepang tidak kalah dengan daun pepaya. Beragam penyakit bisa diatasi dengan menggunakan ramuan daun ini, salah satunya adalah penyakit demam berdarah. Senyawa dalam daun pepaya jepang diyakini dapat mencegah penyakit demam berdarah semakin parah.

Selain itu daun pepaya jepang juga bisa berfungsi untuk menyehatkan organ pencernaan, terutama usus. Untuk memperoleh manfaatnya, cukup dengan menkonsumsi daun pepaya jepang sebagai menu makan sehari-hari. Namun disarankan tidak terlalu sering, dalam satu minggu cukup dua atau tiga kali saja mengkonsumsi daun pepaya jepang.

Manfaat lain dari tanaman ini adalah untuk menjaga daya tahan tubuh atau sistem imun. Kondisi tubuh yang menurun dan asupan nutrisi yang kurang bisa menyebabkan sistim imun tubuh melemah. Itulah sebabnya asupan gizi dan nutrisi harus selalu dijaga. Daun pepaya jepang bisa menjadi salah satu alternatif dalam mencukupi asupan gizi dan nutrisi.

Daun pepaya jepang juga berfungsi untuk membunuh berbagai jenis bakteri. Selain itu daun pepaya jepang juga memiliki sifat antikanker. Itulah sebabnya mengkonsumsi daun pepaya jepang diyakini dapat menjadi tubuh dari serangan penyakit tersebut.

Bagi kaum wanita, daun pepaya jepang juga bisa membantu mengatasi nyeri saat datang bulan atau haid. Kondisi ini bisa diakibatkan dua hal, yakni karena tubuh sedang melakukan penyesuaian selama masa haid. Penyebab kedua adalah karena memang ada kelainan pada tubuh yang memicul munculnya nyeri. Daun pepaya jepang diyakini dapat membantu mengatasi kondisi tersebut.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Cegah Bahaya Rokok dengan Rutin Minum Jus Tomat

Selasa, 27 September 2022 | 17:00 WIB

26 September: Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia

Senin, 26 September 2022 | 11:00 WIB

24 September, Hari Tani Nasional, Ini Fakta Sejarahnya

Sabtu, 24 September 2022 | 10:00 WIB

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB

Tak Ingin Asam Urat Kambuh, Hindari Roti Manis dan Asin

Sabtu, 17 September 2022 | 16:15 WIB

17 September: Hari Perhubungan Nasional, Ini Sejarahnya

Sabtu, 17 September 2022 | 10:00 WIB
X