• Minggu, 2 Oktober 2022

Jaga Kesehatan Jantung, Tulang, Gigi, dan Cegah Rematik dengan Konsumsi Kulit Telur.

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:30 WIB
Kulit telur berguna untuk kesehatan
Kulit telur berguna untuk kesehatan

Watyutink.com - Pernahkah Anda membayangkan makan telur dengan kulitnya? Kebanyak orang mengira kulit telur tidak bisa dikonsumsi. Pasalnya tekstur kulit telur yang keras tidak mungkin bisa dimakan. Itulah sebabnya kulit telur sering dibuang begitu saja. Kalau pun dimanfaatkan, kulit telur hanya bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan atau cinderamata.

Ternyata anggapan itu salah. Pasalnya kulit telur ternyata bisa dikonsumsi. Bahkan kulit telur mempunyai manfaat bagi kesehatan. Kandungan beberapa mineral dalam kulit telur diyakini berguna untuk menjaga kesehatan fungsi organ-organ tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kulit telur bagi kesehatan?

Dibalik teksturnya yang keras, cangkang atau kulit telur ternyata kaya akan kandungan kalsium. Pasalnya kulit telur terbuat dari kalsium karbonat. Dalam satu butir cangkang telur terdapat sekitar 40 persen kalsium. Jumlah itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium orang dewasa sebanyak 1000 miligram per hari.

Selain itu kulit telur juga mengandung mineral lain seperti strontium, fluorida, magnesium, selenium, dan protein. Semua zat tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Itulah sebabnya mengonsumsi kulit telur sangat baik untuk menghidari risiko gangguan tulang, seperti osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Meski kerap menyerang orang berusia lanjut, osteoporosis juga bisa menyerang anak-anak atau usia muda. Pengeroposan tulang biasanya disebabkan kekurangan asupan kalsium. Itulah sebabnya mengonsumsi kulit telur bisa menjadi solusi.

Sebuah studi membuktikan kulit atau cangkang telur dapat meningkatkan kadar magnesium dan vitamin D pada tubuh. Hal ini berguna untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang. Selain itu mengonsumsi kulit telur dapat menurunkan risiko patah tulang. Bahkan manfaat kulit telur lebih baik daripada suplemen kalsium.

Selain untuk tulang dan gigi, kulit telur juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Pasalnya kalsium sangat baik untuk membantu kerja jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Kalsium juga membuat jantung berdetak lebih teratur. Kalsium juga bertindak sebagai obat penenang alami sekaligus menghentikan pendarahan saat luka.

Kulit telur juga berguna untuk menjaga kesehatan persendian. Manfaat ini diperoleh dengan mengonsumsi kulit telur bagian dalam yang berupa selaput transparan tipis. Selaput tersebut akan mudah ditemukan saat mengupas telur rebus.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Cegah Bahaya Rokok dengan Rutin Minum Jus Tomat

Selasa, 27 September 2022 | 17:00 WIB

26 September: Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia

Senin, 26 September 2022 | 11:00 WIB

24 September, Hari Tani Nasional, Ini Fakta Sejarahnya

Sabtu, 24 September 2022 | 10:00 WIB

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB

Tak Ingin Asam Urat Kambuh, Hindari Roti Manis dan Asin

Sabtu, 17 September 2022 | 16:15 WIB

17 September: Hari Perhubungan Nasional, Ini Sejarahnya

Sabtu, 17 September 2022 | 10:00 WIB
X