• Minggu, 2 Oktober 2022

Bukan untuk Santet, Bunga Sedap Malam Berguna sebagai Obat Rematik, Insomnia dan Radang Tenggorokan  

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:00 WIB
Bunga Sedap Malam
Bunga Sedap Malam

 

Watyutink.com - Salah satu bunga yang banyak dikenal masyarakat adalah sedap malam. Bunga berwarna putih dan beraroma harum ini mempunyai sifat yang lain dibanding bunga lainnya. Pasalnya sedap malam hanya mekar dan mengeluarkan aroma wangi pada malam hari.

Itulah sebabnya bunga ini kental dengan mitos mistis. Beberapa orang percaya bahwa jika kita menerima pemberian atau bingkisan berupa bunga sedap malam, artinya pemberi bingkisan tidak senang kepada kita bahkan benci. Mitos lain juga mengaitkan bunga sedap malam dengan ilmu hitam. Bunga sedap malam dikatakan dapat menjadi sarana mengirimkan teluh atau santet.

Padahal bunga sedap malam, seperti bunga lain, tidak ada kaitannya dengan mistis apalagi hantu, setan, santet dan ilmu hitam. Ternyata bunga sedap malam justru memiliki manfaat bagi kesehatan manusia.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bunga sedap malam bagi kesehatan

Salah satu manfaat bunga sedap malam adalah untuk mengobati bisul dan bengkak. Caranya ambil akar sedap malam secukupnya. Cuci sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang bengkak atau bisul. Lakukan secara teratur hingga bengkak atau bisulnya sembuh.

Bunga sedap malam juga bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Pasalnya sedap malam dipercaya dapat mencegah anemia atau kurang darah. Selain itu ramuan sedap malam juga bisa menghilangkan gejala lemas dan mudah lelah serta mencegah tubuh terserang penyakit.

Caranya ambil 50 kuntum bunga sedap malam, 50 gram kacang kapri, 100 gram udang, sebutir telur ayam, 10 gram jahe, dan dua siung bawang putih. Tumis semua bahan tersebut menggunakan minyak goreng non-kolesterol. Tambahkan tepung maizena yang telah diencerkan lalu masak hingga matang. Hidangkan sebagai lauk makan sehari-hari.

Jika Anda memiliki masalah susah tidur atau insomnia tidak ada salahnya mencoba ramuan bunga sedap malam. Insomnia umumnya disebabkan beban pikiran yang membuat seseorang tidak tenang. Jika dibiarkan dan terjadi terus menerus, insomnia bisa mengganggu kesehatan dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Bunga sedap malam diyakini dapat mengatasi kondisi ini. Pasalnya wangi bunga sedap malam dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Caranya cukup mudah, bisa dengan menggunakan bunga sedap malam sebagai aromatherapy. Selain itu bisa juga mengolahnya menjadi tumisan sedap malam.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Cegah Bahaya Rokok dengan Rutin Minum Jus Tomat

Selasa, 27 September 2022 | 17:00 WIB

26 September: Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia

Senin, 26 September 2022 | 11:00 WIB

24 September, Hari Tani Nasional, Ini Fakta Sejarahnya

Sabtu, 24 September 2022 | 10:00 WIB

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB

Tak Ingin Asam Urat Kambuh, Hindari Roti Manis dan Asin

Sabtu, 17 September 2022 | 16:15 WIB

17 September: Hari Perhubungan Nasional, Ini Sejarahnya

Sabtu, 17 September 2022 | 10:00 WIB
X