• Rabu, 30 November 2022

Wijaya Kusuma, Bunga Penghias Singgahsana Nyi Roro Kidul yang Bisa Sembuhkan TBC dan Asma

- Kamis, 1 September 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi Bunga Wijaya Kusuma
Ilustrasi Bunga Wijaya Kusuma

Watyutink.com – Penyakit Tuberkolosis (TBC) saat ini tengah menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya berdasarkan data Global Report TB 2021, Indonesia menjadi negara dengan jumlah kasus TBC terbanyak nomor 3 di seluruh dunia. Dalam data tersebut setidaknya terdapat 824 ribu kasus TBC di tanah air. Sebanyak 8.268 diantaranya merupakan kasus TBC resisten obat atau TB RO. Dari jumlah terebut hanya sekitar 61 persen yang sudah mulai menjalani pengobatan di tahun 2021.

Kondisi tersebut membuat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy merasa malu. Itulah sebabnya pemerintah menggalakkan  Rencana Aksi Program Terpadu Kemitraan Penanggulangan Tuberkulosis (Aksi Proteksi).

"Menurut data Global Report TB 2021, Indonesia masuk di 10 besar negara dengan beban kasus TBC, TB HIV, dan TBRO terbanyak di dunia. Tentu saja hal ini bukan sebuah prestasi, suatu hal yang agak memalukan," kata Muhadjir dalam sambutan di acara Aksi PROTEKSI Wadah Kemitraan Penanggulangan TBC.

Selama ini TBC dikenal sebagai penyakit yang gampang menular. Itulah sebabnya penanganan TBC tidak boleh sembarangan dan membutuhkan keseriusan. Pasien TBC diharusnya mengonsumsi obat dalam jangka panjang secara terus-menerus.

Ternyata penyakit TBC bisa disembuhkan dengan obat-obatan tradisional. Banyak yang tidak menduga hal ini. Pasalnya selama ini pasien TBC hanya mengonsumsi obat-obatan kimia.

Tahukah Anda, apa obat tradisional atau herbal yang berguna untuk mengatasi penyakit TBC?

Obat herbal atau tradisional yang dimaksud adalah bunga wijaya kusuma. Selama ini bunga wijaya kusuma dikenal lantaran mitos yang menyertainya. Bunga yang hanya mekar disaat tertentu, terutama malam hari ini kerap dihubungkan dengan keberuntungan. Pasalnya orang mengenal bunga wijaya kusuma sebagai kesukaan para raja-raja di masa lalu.

Selain itu bunga wijaya kusuma juga sering dikaitkan dengan keberuntungan. Siapa yang menanam bunga ini disebutkan bakal kaya dan berlimpah harta. Itulah sebabnya banyak yang ingin menanam bunga ini.

Namun bunga wijaya kusuma juga tak luput dari kesan mistis. Pasalnya bunga dengan nama latin Epiphyllum Angulinger ini dipercaya sebagai hiasan singgahsana kesukaan Nyi Roro Kidul, ratu gaib penguasa laut selatan. Itulah sebabnya beberapa orang justru takut memelihara bunga wijaya kusuma.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X