• Minggu, 25 September 2022

Cara Sederhana Deteksi Kanker Paru-Paru dengan Dua Jari

- Sabtu, 3 September 2022 | 15:00 WIB
Cara deteksi kanker paru-paru dengan dua jari
Cara deteksi kanker paru-paru dengan dua jari

Watyutink.com - Salah satu penyakit kornis yang paling ditakuti adalah kanker paru-paru. Pasalnya penyakit ini sangat sulit disembuhkan dan kerap berakhir dengan kematian. Kebiasaan merokok dan polusi udara yang cukup parah di Indonesia diyakini membuat penyakit kanker paru-paru bisa menyerang orang Indonesia. Itulah sebabnya penting bagi orang Indonesia melindungi diri dari serangan kanker paru-paru.

Salah satu cara melindungi adalah dengan mendeteksi kemungkinan adanya kanker paru-paru di dalam tubuh kita. Sebagian besar orang mengira tidak mudah mendeteksi adanya kanker paru-paru dalam tubuh. Diperlukan serangkaian tes dan pemeriksaan serta biaya yang tidak murah.

Ternyata untuk medeteski adanya potensi kanker paru-paru bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan tanpa mengeluarkan biaya apa pun.

Tahukah Anda, bagaimana cara mendeteksi potensi kanker paru-paru dalam tubuh?

Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan untuk mendeteksi adanya potensi kanker paru-paru dalam tubuh bisa dilakukan hanya dengan dua buah jari. Melalui unggahan di akun Instagramnya, Zaidul menerangkan metode deteksi atau tes ini dikenal dengan Schamroth Window Test. Caranya, tempelkan atau gabungkan kedua kuku jari telunjuk, perhatikan celah yang terbentuk.

Jika terjadi celah kecil diantara kedua jari artinya tubuh baik-baik saja dan tidak ada risiko kanker paru-paru. Sebaliknya jika tidak muncuk celah diantara kedua jari, hal itu bisa menjadi pertanda adanya potensi atau risiko kanker paru-paru.

Menukil keterangan dari Emma Norton, perawan ongkologi di Inggris, Zaidul menerangkan penderita kanker paru-paru akan mengalami penumpukan cairan di kuku jari. Hal ini menyebabkan pembengkakan pada jari. Akibatnya ketika kedua jari kanan dan kiri didekatkan, kukunya tidak akan bisa berdekatan.

Penumpukan cairan di kuku jari terjadi dalam beberapa tahap. Dimulai dengan dasar kuku berubah menjadi lembut dan kulit sampingnya berkilau. Selanjutnya kuku jadi melengkung lebih dari biasanya. Lengkungan akan lebih jelas jika dilihat dari samping.

Sel kanker yang berkembang telah memicu hormon yang menyebabkan penumpukan cairan dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, termasuk jari tangan. Dalam kasus kanker paru-paru kondisi ini dikenal dengan istilah fingerr clubbing. Selain jari, pembengkakan juga bisa terjadi di area wajah dan bagian tubuh yang lain.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

24 September, Hari Tani Nasional, Ini Fakta Sejarahnya

Sabtu, 24 September 2022 | 10:00 WIB

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB

Tak Ingin Asam Urat Kambuh, Hindari Roti Manis dan Asin

Sabtu, 17 September 2022 | 16:15 WIB

17 September: Hari Perhubungan Nasional, Ini Sejarahnya

Sabtu, 17 September 2022 | 10:00 WIB
X