• Minggu, 25 September 2022

Cegah Rematik dan Asam Urat dengan Buah Dewandaru

- Minggu, 4 September 2022 | 15:00 WIB
Buah Dewandaru (watyutink.com/yusufrinaldy)
Buah Dewandaru (watyutink.com/yusufrinaldy)

Watyutink.com - Indonesia dikenal kaya akan buah-buahan. Tidak aneh, karena bumi Nusantara memang sangat subur sehingga semua tanaman bisa tumbuh dengan mudah di Indonesia, termasuk buah-buahan. Namun tidak semua buah yang tumbuh di Nusantara dikenal orang. Padahal buah tersebut bukan hanya enak dimakan tetapi juga sehat. Salah satunya dalah buah dewandaru.

Buah ini tidak sepopuler apal, jeruk, atau anggur. Namun khasiat buah dewandaru untuk kesehatan tidak kalah dengan buah-buahan yang sudah dikenal dan kerap disajikan orang. Buah kecil berwarna merah ini diketahui kaya akan kandungan nutrisi. Hal inilah yang menjadikan buah dewandaru berguna untuk mengobati berbagai penyakit.

Tahukah Anda apa saja manfaat buah dewandaru bagi kesehatan?

Selama ini buah dewandaru sering dimanfaatkan untuk membuat puding, kue atau jus. Bentuknya yang mirip dengan buah ceri juga membuat buah dengan nama latin Eugenia Uniflora ini diolah menjadi jus. Padahal sejatinya dewandaru bisa dimakan langsung, layaknya buah-buahan pada umumnya.

Para ahli kesehatan mengatakan buah dewandaru kaya akan nutrisi dan vitamin yang berguna untuk manusia, seperti karotenoid, flavonoid, senya fenolik, vitamin A, dan vitamin C. Itulah sebabnya buah dewandaru jika dikonsumsi akan membawa manfaat bagi kebugaran tubuh. Salah satunya untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan vitamin A dan C dalam buah yang juga disebut ceremai belanda ini memiliki fungsi sebagai antioksidan dan berguna melindungi tubuh dari infeksi serta gangguan kesehatan lainnya.

Kandungan vitamin A dalam buah dewandaru juga sangat bak untuk menjaga kesehatan mata. Ditambah dengan vitamin C yang berguna meningkatkan aliran darah menuju mata. Kombinasi dua vitamin penting itu membuat buah dewandaru jika dikonsumsi secara rutin berguna mencegah risiko gangguan mata seperti katarak.

Selain itu kandungan vitamin A dan C dalam buah dewandaru berguna menjaga kesehatan kulit. Aliran darah pada area kulit akan menjadi lancar jika tubuh cukup asupan kedua vitamin tersebut. Akibatnya kulit akan terlihat lebih segar dan muda. Kulit juga terhindar dari keriput dan tanda-tanda penuaan dini lainnya. Vitamin A juga dapat mengurangi produksi sebum berlebih dan mencegah munculnya jerawat.

Vitamin A dan C dalam buah dewandaru juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah efek buruk radikal bebas. Para ahli kesehatan mengatakan radikal bebas adalah salah satu pemicu tubuh terserang penyakit fatal, termasuk kanker dan tumor. Itulah sebabnya rutin makan buah dewandaru juga berguna melindungi tubuh dari kedua penyakit kronis tersebut.

Bagi Anda yang mempunya masalah tidur atau insomnia, buah dewandaru bisa menjadi solusi. Buah ini memiliki kandungan melatonin yang mampu merangsang produksi kelenjar pineal di otak. Akibatnya siklus tidur menjadi lebih baik dan mampu meningkakan kualitas tidur.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

24 September, Hari Tani Nasional, Ini Fakta Sejarahnya

Sabtu, 24 September 2022 | 10:00 WIB

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB

Tak Ingin Asam Urat Kambuh, Hindari Roti Manis dan Asin

Sabtu, 17 September 2022 | 16:15 WIB

17 September: Hari Perhubungan Nasional, Ini Sejarahnya

Sabtu, 17 September 2022 | 10:00 WIB
X