• Jumat, 7 Oktober 2022

Manfaat Tak Terduga Sayur Pakis, Sehatkan Jantung, Mata, dan Tulang

- Jumat, 9 September 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi sayus pakis  (halosehat.com)
Ilustrasi sayus pakis (halosehat.com)

Watyutink.com - Beberapa dari Anda mungkin terasa asing dengan sayur pakis. Padahal sayut ini sudah sangat banyak dikenal dan digunakan untuk makanan sehari-hari. Beragam menu makanan yang kerap menggunakan sayur pakis sebagai bahan utamaya, adalah Lontong Sayur Padang. Selain itu sayur pakis juga dimasak menjadi sayur bening atau sayur berkuah santan lainnya.

Sayur pakis banyak disukai lantaran teksturnya yang agak keras. Namun hal itulah yang justru menimbulkan rasa renyah dan lezat saat mengunyahnya. Ternyata selain lezat, sayur pakis juga sehat lantaran mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat sayur pakis bagi kesehatan?

Sayur pakis termasuk dalam jenis tanaman paku yang hidup berkelompok. Tanaman ini sudah banyak dikonsumsi oleh orang di luar negeri seperti, Perancis, , India, Nepal, Jepang, Korea, China, Jepang, Taiwan, dan negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di luar negeri, tanaman pakis dikenal dengan nama fiddlehead fern.

Sayur pakis biasanya paling mudah ditemui pada saat musim semi atau musim hujan. Umumnya tumbuh tempat lembab, seperti tepi sungai. Para ahli kesehatan menyatakan tanaman pakis mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti kalori, karbohidrat, potasium, kalsium, zat besi, dan serat. Sedangkan kandungan vitamin yang terbanyak dikandung tanaman pakis adalah vitamin A dan C.

Beragam nutrisi tersebut menjadikan tanaman pakis berguna untuk kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A dan C yang sangat kaya menjadikan sayur pakis mempunyai fungsi antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas pemicu berbagai penyakit, bahkan yang kronis seperti kanker. Sayur pakis juga mampu melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

Sayur pakis juga mampu menjaga kesehatan kardiovaskular. Kandungan mineral niasin dan kalium membuat sayur pakis berrguna menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sayur pakis juga baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Hal ini membuat tubuh terhindar dari serangan jantung dan stroke.

Sayur pakis juga mampu meningkatkan jumlah sel darah merah. Pasalnya sayur pakis kaya akan kandungan zat besi. Itulah sebabnya mengonsumsi sayur pakis bisa mencegah tubuh terserang anemia atau kurang darah. Selain itu sayur pakis membuat darah dalam tubuh kaya akan oksigen yang berguna untuk menjaga kesehatan.

Kandungan vitamin A dalam sayur pakis juga sangat baik bagi kesehatan mata. Bahkan sayur pakis juga mampu meningkatan fungsi penglihatan. Sayur pakis melindungi mata dari degenerasi makula akibat bertambahnya usia. Sedangkan vitamin C dalam sayur pakis mampu melindungi mata dari risiko penyakit katarak.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Cegah Bahaya Rokok dengan Rutin Minum Jus Tomat

Selasa, 27 September 2022 | 17:00 WIB

26 September: Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia

Senin, 26 September 2022 | 11:00 WIB

24 September, Hari Tani Nasional, Ini Fakta Sejarahnya

Sabtu, 24 September 2022 | 10:00 WIB

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB
X