• Jumat, 7 Oktober 2022

Sejarah Hari Ini: Dari Minang untuk Indonesia, Rasuna Said Sang Singa Betina!

- Rabu, 14 September 2022 | 16:15 WIB
Sumber: Screenshoot YouTube Melawan Lupa Metro TV
Sumber: Screenshoot YouTube Melawan Lupa Metro TV

Watyutink.com - siapa yang tidak kenal dengan nama salah satu jalan yang ada di Ibu Kota yaitu Rasuna Said. Rasuna Said merupakan jalan utama di Ibu Kota khususnya di daerah Jakarta Selatan dan merupakan salah satu distrik pusat dari perkantoran di Jakarta.

Tahukah Anda, siapakah Rasuna Said? Dan mengapa namanya bisa diabadikan sebagai nama jalan di Ibu Kota?

Rasuna Said atau Hj. Rangkayo Rasuna Said lahir 14 September 1910 di Maninjau, Agam Sumatra Barat merupakan salah satu tokoh perjuangan Indonesia yang membela hak-hak perempuan di masa pemerintahan kolonial Belanda.

Rasuna Said mensejajarkan namanya dengan R.A. Kartini dan Dewi Sartika sebagai pejuang wanita yang memperjuangkan hak-hak bagi kaum perempuan dan menuntut kesetaraan gender bagi perempuan dan pria.

Rasuna Said lahir didalam keluaraga yang taat beragama dan menjunjung tinggi nilai keislaman didalamnya. Ayahnya ialah Haji Muhammad Said yang agamanya sangat kuat.

Rasuna Said sendiri sempat tinggal dengan pamannya karena pekerjaan ayahnya yang membuatnya jarang pulang. Rasuna Said menjalani pendidikan di sebuah Sekolah Diniyah Putri yang kental akan nuasa agama dan berbeda dari saudara-saudaranya.

Rasuna Said pernah menjadi guru di Sekolah Diniyah Putri dan mencoba untuk membangkitkan semangat para wanita muda disana untuk bisa melihat dunia dan peduli akan politik di bangsa ini. Bahkan Rasuna Said sempat ingin menambahkan pelajaran politik namun ditolak oleh pihak sekolah.

Rasuna Said dalam Pergerekan Kemerdekaan

Rasuna Said memang sudah aktifa di masa sekolahnya dan telah menunjukan jiwa perjuangannya yang begitu membara bahkan saat dia mengajar disekolah. Rasuna Said pernah memberikan peryataan ketika terjaadi angka perceraian yang tinggi karena praktik poligami sangat mengular saat itu.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Cegah Bahaya Rokok dengan Rutin Minum Jus Tomat

Selasa, 27 September 2022 | 17:00 WIB

26 September: Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia

Senin, 26 September 2022 | 11:00 WIB

24 September, Hari Tani Nasional, Ini Fakta Sejarahnya

Sabtu, 24 September 2022 | 10:00 WIB

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB
X