• Jumat, 7 Oktober 2022

Beragam Manfaat Kembang Turi bagi Kesehatan, Cegah Penyakit Jantung, Mata, dan Stroke

- Rabu, 14 September 2022 | 14:00 WIB
Ilustrasi Kembang Turi
Ilustrasi Kembang Turi

Watyutink.com - Pohon turi adalah tanaman yang banyak ditemui di kawaasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Itulah sebabnya pohon turi, terutama bunganya sering dijadikan bahan makanan. Biasanya bunga turi dijadikan lalapan sebagai campuran pecel atau dijadikan tumisan.

Namun banyak yang tidak mengetahui manfaat kembang turi. Padahal tumbuhan ini mengandung segudang khasiat untuk kesehatan.

Tahukah Anda apa saja manfaat kembang turi untuk kesehatan?

Pohon turi mempunyai nama latin sesbania grandiflora. Laman Health Benefit Times menyebut tanaman ini mengandung beragam nutrisi seperti folat, vitamin A, vitamin C, serta zat antioksidan. Itulah sebabnya mengonsumsi kembang turi bisa membawa manfaat bagi kesehatan.

Salah satunya sebagai obat sariawan. Pasalnya kembang turi kaya akan kandungan vitamin C yang terbukti efektif meredakan sariawan.

Untuk mengobati sariawan caranya cukup mudah, ambil kembang turi secukupnya. Remas-remas lalu masukkan dalam air bersih. Gunakan air tersebut untuk berkumur. Bisa juga dengan merebus kembang turi dengan air secukupnya. Minum rebusan air kembang turi itu secara rutin hingga sariawan sembuh.

Kembang turi juga berguna untuk menyehatkan jantung. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam kembang turi diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Pasalnya kedua nutrisi itu dapat memperlambat pengerasan pembuluh darah. Sehingga hal ini dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan juga mampu menurunkan tekanan darah. Sehingga dapat menurunkan risiko penyakit kronis lainnya, seperti stroke.

Kembang turi juga berguna untuk kesehatan kulit. Kandungan ekstrak pada kembang turi dapat membantu menghilangkan atau menyamarkan kerutan pada permukaan wajah. Itulah sebabnya mengonsumsi kembang turi dapat memperlambat proses penuaan dini.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Cegah Bahaya Rokok dengan Rutin Minum Jus Tomat

Selasa, 27 September 2022 | 17:00 WIB

26 September: Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia

Senin, 26 September 2022 | 11:00 WIB

24 September, Hari Tani Nasional, Ini Fakta Sejarahnya

Sabtu, 24 September 2022 | 10:00 WIB

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB
X