• Minggu, 25 September 2022

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

- Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB
Sumber: latestly.com
Sumber: latestly.com

Watyutink.com – Warga beberapa kota besar di Indonesia, terutama Jakarta, pasti sudah mengenal istilah Car Free Day, atau hari bebas kendaraan bermotor.

Tapi tahukah Anda, setiap tanggal 22 September diperingati sebagai World Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor sedunia?

World Car Free Day diperingati agar orang-orang di seluruh dunia mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Ini untuk mengingatkan setiap orang bahwa mobil atau kendaraan bermotor lainnya telah menyumbang polusi udara yang sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

Car Free Day, hari bebas Kendaraan bermotor ini secara informal mulai berlangsung sejak tahun 1990-an, dan baru diresmikan secara global pada tahun 2000.

Beberapa kota, seperti Jakarta dan Bogota (Kolombia), menutup jalan utamanya pada hari ini dan mengisinya dengan  berjalan kaki dan bersepeda, termasuk banyak kota-kota lainnya di dunia.

Di Jakarta, Car Free Day pertama kali digelar pada 23 Mei 2002. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Koalisi LSM Lingkungan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan pemerintah.

Mula-mula ini dilakukan setiap hari minggu terakhir setiap bulannya, selama 8 jam dari mulai jam 6.00 sampai jam 14.00 WIB. Tetapi karena banyaknya keluhan masyarakat kemudian dipersingkat berlansung hanya 2 jam saja.

Pada perkembangannya, malah frekuensi meningkat menjadi 2 kali sebulan dan kemudian menjadi empat kali dalam sebulan serta kemudian diadakan setiap minggu. Kegiatan ini di mulai pukul 6.00 hingga pukul 11.00 WIB. Saat ini sejumlah jalan utama di Jakarta ditutup sementara untuk kegiatan Car Free Day ini.

Car Free Day selain di Jakarta, juga berlansung di beberapa kota Jabodetabek, seperti Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi. Selain di Jabodetabek, kegiatan ini juga menjalar ke beberapa kota besar lainnya di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, dan Semarang serta beberapa kota lainnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

24 September, Hari Tani Nasional, Ini Fakta Sejarahnya

Sabtu, 24 September 2022 | 10:00 WIB

22 September: World Car Free Day, Ini Sejarahnya

Kamis, 22 September 2022 | 11:35 WIB

Tak Ingin Asam Urat Kambuh, Hindari Roti Manis dan Asin

Sabtu, 17 September 2022 | 16:15 WIB

17 September: Hari Perhubungan Nasional, Ini Sejarahnya

Sabtu, 17 September 2022 | 10:00 WIB
X