• Rabu, 30 November 2022

Obati Asam Urat, Jantung Koroner, Masalah Gigi dan Mulut dengan Daun Sirih Merah

- Sabtu, 24 September 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi Daun sirih merah
Ilustrasi Daun sirih merah

Watyutink.com – Selama ini orang sangat mengenal manfaat daun sirih. Tanaman ini sudah kerap digunakan sebagai obat untuk berbagai gangguan kesehatan. Itulah sebabnya tanaman sirih banyak ditanam dan dibudidayakan. Banyak orang menanam daun sirih di halaman rumah sehingga bisa dengan mudah mengambil dan mengolahnya menjadi obat jika diperlukan.

Namun kebanyakan orang mengenal daun sirin berwarna hijau. Padahal ada pula daun sirih yang berwarna merah. Itulah sebabnya tanaman ini dikenal dengan sebutan sirih merah, Hal ini untuk membedakan dengan sirih hijau.

Sama seperti ‘saudaranya’ yang berwarna hijau, sirih merah juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Pasalnya sirih merah banyak mengandung zat atau senyawa kimia yang berguna untuk dijadikan obat tradisional.

Tahukah Anda, apa saja manfaat sirih merah untuk kesehatan?

Daun sirih merah sejatinya tidak berbeda dengan sirih hijau. Keduanya tumbuh merambat dengan daun berbentuk menyerupai hati. Bedanya, sirih merah memiliki batang berbentuk bulat berwarna agak keunguan. Jika daun sirih hijau berwarna hijau terang, sirih merah berwarna hijau tua dengan tulang daun berwarna merah. Bagian bawah daun berwana merah agak keunguan. 

Daun sirih merah dikenal sebagai bahan pembuat obat-obatan tradisional. Hal ini tak lepas dari kandungan berbagai senyawa yang sangat baik untuk kesehatan. Senyawa tersebut antara lain flavonoid, alkaloid, tannin, senyawa polifenolat, dan minyak atsiri.

Salah satu manfaat daun sirih merah adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan minyak astiri, alkanoid, flavonoid dan fenolik diketahui berguna untuk mengobati karies gigi. Selain itu sirih merah mempunyai fungsi sebagai antiseptik, antimikroba, dan antikosidan. Itulah sebabnya sirih merah sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut serta membunuh bakteri di dalam mulut. Sedangkan kandungan eugenol dan capitol dalam daun sirih merah berguna untuk mengatasi bau mulut.

Untuk mendapatkan manfaatnya, ambil beberapa lembar daun sirih merah, cuci bersih. Selanjutnya rebus dengan dengan air hingga mendidih. Gunakan air rebusan daun sirih merah untuk berkumur. Lakukan secara rutin setidaknya tiga kali sehari.

Air rebusan daun sirih merah juga bisa diminum dan bermanfaat menghilangkan bau badan. Kandungan estradiol dan klaikula dalam daun sirih merah berguna unutk mengatur produksi hormon kelenjar keringat dalam tubuh. Sehingga bau yang tidak sedap disebabkan oleh keringat bisa teratasi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X