• Rabu, 30 November 2022

26 September: Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia

- Senin, 26 September 2022 | 11:00 WIB
Sumber: twitter.com/ Net
Sumber: twitter.com/ Net

Watyutink.com - Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia diperingati setiap tanggal 26 September. Tema peringatan Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia tahun 2022 ini adalah “Penguatan Sistem Kesehatan Lingkungan untuk Implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.”

Hari ini diperingati untuk menyebarkan kesadaran di seluruh dunia tentang kesehatan lingkungan dan mempercepat diskusi tentang langkah-langkah yang dapat diambil orang untuk melindungi lingkungan dan memastikan keselamatan mereka dari ancamannya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 24 persen kematian global terkait dengan lingkungan, yaitu sekitar 13,7 juta kematian per tahunnya.

WHO juga mengatakan bahwa seperempat beban penyakit global dapat dicegah dengan lingkungan yang lebih sehat. Lingkungan yang sehat dipastikan dengan prasyarat seperti udara bersih, sanitasi, kebersihan, iklim yang stabil, air yang cukup, perlindungan dari radiasi, penggunaan bahan kimia yang aman, tempat kerja yang sehat dan aman, praktik pertanian yang sehat, dan alam yang terpelihara.

Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia memberikan kesempatan kepada dunia untuk merenungkan masalah kesehatan lingkungan dan solusinya.

Apa itu Kesehatan Lingkungan?

Kesehatan Lingkungan adalah ilmu dan praktik dalam upaya mencegah terjadinya cedera dan penyakit pada manusia serta untuk meningkatkan kesejahteraan, yaitu dengan menemukan dan mengevaluasi sumber-sumber lingkungan yang tidak aman atau berbahaya.

Selain itu, membatasi paparan terhadap sumber-sumber bahaya fisik, kimia, dan biologis yang tidak aman atau berbahaya di udara, air, tanah, makanan, dan pengaturan lingkungan lainnya yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Kita tidak dapat mengabaikan fakta bahwa jika lingkungan sehat maka hampir seperempat beban penyakit global dapat dicegah. Pandemi COVID-19 adalah pengingat akan hubungan rapuh antara manusia dan planet kita.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X