• Rabu, 30 November 2022

Hari Jantung Sedunia 2022, ‘Use Heart for Every Heart’

- Kamis, 29 September 2022 | 13:30 WIB
World Heart Day 2022
World Heart Day 2022

Watyutink.com - Seperti kita ketahui, jantung adalah salah satu organ penting di dalam tubuh yang peranannya sangat vital untuk kehidupan manusia. Organ tubuh ini berfungsi memompa darah dan mengalirkannya keseluruh anggota tubuh. Selain itu jantung juga berfungsi sebagai alat transportasi yang membawa nutrisi dan oksigen oleh organ-organ lain di dalam tubuh.

Mengingat betapa pentingnnya fungsi jantung, maka setiap orang perlu menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantungnya dengan baik. Ini semua dilakukan agar fungsi organ jantung dapat bekerja baik dan seoptimal mungkin. Selain itu, menerapkan gaya hidup sehat juga dapat mencegah berbagai risiko penyakit jantung.

Disebabkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit jantung dan kardiovaskular masih minim, maka Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan 29 September sebagai Hari Jantung Sedunia, untuk menyebarkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung dan memahami berbagai risiko penyakitnya.

Momen ini diperingati untuk mengingatkan semua orang, agar berhenti merokok, rajin berolahraga, dan mulai makan sehat – semua demi menjaga detak jantung kita dalam keadaan baik, dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang-orang di seluruh dunia.

Tema Hari Jantung Sedunia 2022

Seperti dikutip dari detik.com berdasar situs World Heart Federation, peringatan Hari Jantung Sedunia tahun ini, atau World Heart Day 2022 adalah “Use Heart for Every Heart.”

"Use Heart" atau Gunakan Jantung, berarti berpikir untuk menggunakan jantung dengan sebaik-baiknya. Meliputi membuat keputusan yang tepat, bertindak dengan berani, membantu orang lain, dan terlibat dalam tujuan penting pencegahan penyakit kardiovaskular.

Sebab, jantung adalah satu-satunya organ yang dapat Anda dengar dan rasakan. Organ ini merupakan tanda kehidupan yang pertama dan terakhir. Jantung juga salah satu hal yang berpotensi menyatukan kita semua sebagai manusia.

Sedangkan "For Every Heart", maksudnya adalah membuat tindakan menjaga jantung sendiri agar bisa bermanfaat bagi orang sekitar.

Kampanye ini bertujuan agar pesan Hari Jantung Sedunia menjangkau sebanyak mungkin individu untuk membantu mencapai kesehatan kardiovaskular bagi individu lainnya.

Hari Jantung Sedunia adalah kesempatan bagi semua orang untuk berhenti, dan mempertimbangkan cara terbaik menggunakan jantung untuk kemanusiaan, untuk alam, dan untuk Anda. Mengalahkan penyakit kardiovaskular (CVD) adalah sesuatu yang penting bagi setiap detak jantung.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X