• Rabu, 30 November 2022

Manfaat Tak Terduga Bunga Kamboja, Obati Asam Urat, Rematik, Sakit Gigi dan Bisul

- Kamis, 29 September 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi bunga kamboja (Pexels )
Ilustrasi bunga kamboja (Pexels )

Watyutink.com - Apa yang terbayang dalam benak Anda jika disebutkan tentang bunga kamboja? Pasti jawabnya adalah kuburan. Tak heran, sebab bunga kamboja memang paling banyak tumbuh dan ditanam di area pemakaman atau kuburan. Itulah sebabnya banyak yang menyebut kamboja sebagai bunga kuburan.

Tidak diketahui secara pasti mengapa bunga ini ditanam di kuburan. Bisa jadi aromanya yang harum serta daunnya yang lebar dapat membuat suasana di pemakaman menjadi lebih teduh dan menyenangkan. Selain itu aroma harum membuat suasana ‘nyekar’ menjadi lebih syahdu.

Namun sejatinya, bunga kamboja tidak hanya bermanfaat untuk mempercantik suasana kuburan. Bunga berwarna putih, kuning, dan merah ini ternyata juga menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bunga kamboja untuk kesehatan?

Tidak seperti bunga pada umumnya yang pohonnya kecil, kamboja justru mempunyai pokok batang yang besar dan tinggi. Para ahli kesehatan mengatakan tanaman kamboja mengandung banyak senyawa kimia seperti  asam plumerat, asam serotinat, plumierid, dan agoniadin.

Dalam semua bagian pohon kamboja terkandung senyawa fulvoplumierin yang bermanfaat untuk mencegah disentri, radang saluran pernafasan, TBC, maupun hepatitis. Kulit pohon kamboja ternyata juga mengandung getah damar dan asam plumeria. Sedangkan akarnya mengandung zat saponin, polifenol, alkaloid, dan juga fenetilalkohol.

Bunga kamboja juga bisa dimanfaatkan layaknya teh. Rutin mengkonsumsi air rebusan bunga kamboja diyakini dapan mencegah rematik, asam urat, dan memperlancar buang air kecil. Selain itu rebusan bunga kamboja juga bisa meredakan batuk dan menurunkan panas ketika mengalami demam.

Untuk mengolahnya cukup mudah, ambil beberapa kuntum bunga kamboja, jemur hingga kering. Lalu, seduh dengan air panas seperti menyeduh teh. Bisa juga mencampur bunga kamboja kering dengan daun teh.

Bunga kamboja juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Hal ini disebabkan adanya kandungan alkaloid, tanin, flavonoid dan triterpenoid dalam getah kamboja. Zat tersebut dipercaya bermanfaat sebagai antibiotik alami yang dapat meredakan sakit dan gigi berlubang.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X