• Rabu, 30 November 2022

Hari Guru Sedunia, Transformasi Pendidikan yang Dimulai dari Guru.

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 07:10 WIB
Sumber: ei-ie.org
Sumber: ei-ie.org

Watyutink.com – Hari ini, 5 Oktober, diperingati di seluruh dunia sebagai World Teacher’s Day atau Hari Guru Sedunia. Perayaan bertujuan untuk berterima kasih dan menghormati guru atas kontribusi mereka kepada anak didik mereka.

Tema Hari Guru Sedunia 2022 adalah, “the transformation of education begins with teachers” atau transformasi pendidikan yang dimulai dari guru.

“Hari ini, pada Hari Guru Sedunia, kita merayakan peran penting guru dalam mengubah potensi peserta didik dengan memastikan mereka memiliki alat yang mereka butuhkan untuk bertanggung jawab atas diri mereka sendiri, untuk orang lain, dan untuk planet ini. Kami menyerukan kepada negara-negara untuk memastikan bahwa guru dipercaya dan diakui sebagai produsen pengetahuan, praktisi reflektif, dan mitra kebijakan,” isi pesan resmi bersama UNESCO, ILO dan Education International.

Pada tahun 2022, UNESCO akan menjalankan Tindakan sesuai dengan komitmen dan seruan yang diambil pada Transforming Education Summit, pada bulan September 2022, dan menganalisis implikasinya terhadap guru dan pengajaran,” pesan UNESCO selanjutnya.

Sejarah Peringatan Hari Guru Sedunia

Peringatan Hari Guru Sedunia ini berbeda dengan Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November atau bertepatan dengan hari lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sedangkan 5 Oktober ditetapkan sebagai Hari Guru Sedunia oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) pada tahun 1994, dengan tujuan untuk menghormati adopsi Rekomendasi UNESCO/ILO.

Ini adalah bagian dari konferensi antar pemerintah yang diselenggarakan oleh UNESCO di Paris yang mengakui status guru bekerja sama dengan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO).

Setelah adopsi rekomendasi ini, UNESCO mendeklarasikan 5 Oktober sebagai Hari Guru Sedunia.

Halaman:

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X