• Rabu, 30 November 2022

Manfaat Makan Kuaci yang Jarang Diketahui, Cegah Rematik, Kolesterol, Hipertensi dan Stres

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:00 WIB
Ilustrasi kuaci (Pixabay )
Ilustrasi kuaci (Pixabay )

Watyutink.com – Siapa yang tidak kenal kuaci. Bersama kacang, kuaci ini adalah teman paling tepat menemani saat begadang atau sekedar ngobrol bareng teman. Bentuknya yang kecil mengundang sensasi tersendiri saat mengunyahnya.

Ternyata kuaci bukan hanya mengasyikkan, tapi juga menyehatkan. Pasalnya makanan kecil yang bikin ketagihan ini memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kuaci bagi kesehatan?

Ada beberapa jenis kuaci yang banyak ditemui di pasaran. Jenis itu berdasarkan bahan baku pembuat kuaci. Ketiganya adalah kuaci bunga matahari, kuaci biji semangka, dan kuaci biji labu. Ketiga jenis kuaci tersebut diketahui mengandung beragam nutrisi, seperti lemak tak jenuh atau lemak baik, asam linoleat, vitamin E,vitamin B, fosfor, kalium, kalsium, natrium, magnesium dan folat. Selain itu kuaci juga mengandung asam amino, serat, protein, asam klorogenat, zinc, fenol, selenium dan Tryptophan

Beragam nutrisi dan mineral dalam kuaci membuatnya bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk mencegah penyakit kanker. Kandungan selenium dalam kuaci dipercaya dapat menurunkan risiko serangan berbagai jenis kanker seperti kanker kolon, kandung kemih, dan prostat.

Selenium terbukti memicu perbaikan DNA dan sintesis dalam sel yang rusak. Hal inilah yang membuat selenium mampu menghambat petumbuhan dan mematikan sel kanker.

Kuaci juga baik untuk kesehatan tulang. Pasalnya kuaci memiliki kandungan mineral yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, seperti kalsium, magnesium, dan tembaga. Selain itu kandungan vitamin E dalam kuaci bermanfaat meredakan rasa nyeri akibat rematik.

Vitamin E dalam kuaci juga bermanfaat menyehatkan kulit. Pasalnya vitamin E dapat melindungi kulit dari paparan dan efek negatif dari sinar ultraviolet matahari. Vitamin E juga baik untuk kesehatan jantung. Pasalnya vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menyingkirkan kolesterol jahat pemicu penyakit jantung. Selain itu, vitamin E juga membantu menetralisir radikal bebas untuk menjaga kesehatan otak dan sel membran dalam melawan peradangan dan pembengkakan.

Kuaci juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Pasalnya kuaci diketahui memiliki kandungan senyawa pitosterol yaitu senyawa tumbuhan yang memiliki struktur kimia sangat mirip dengan kolesterol. Disamping mampu mengurangi kadar kolesterol senyawa pitosterol juga dapat menambah sistem imun atau kekebalan tubuh.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X