• Rabu, 30 November 2022

Bunga Kantil, Makanan Kuntilanak yang Bisa Sembuhkan Vertigo, Sinusitus, Batuk dan Keputihan

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi bunga kantil
Ilustrasi bunga kantil

Watyutink.com - Selama ini orang mengenal bunga kantil sebagai pelengkap acara-acara ritual. Itulah sebabnya, bunga kantil, bersama bunga kenanga dan kamboja, dijuluki sebagai bunga kematian. Pasalnya ketiga bunga tersebut selalu muncul pada acara-acara kematian. Beberapa paranormal menyebut, aroma wangi bunga kantil sangat disukai arwah dan mahluk halus. Bahkan mereka menyebut bunga kantil adalah makanan kegemaran kuntilanak.  

Terlepas dari anggapan adanya unsur mistis, sebenarnya bunga kantil memiliki manfaat untuk kesehatan. Pasalnya bunga kantil dipercaya memiliki kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina yang memiliki khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bunga kantil bagi kesehatan dan bagaimana cara mengolahnya?

Bunga kantil disebut juga bungan cempaka diketahui mengandung banyak zat kimia yang berguna untuk menjaga kesehatan. Zat-zat kimia alami tersebut antara lain asid benzoik, cineol, benzaldehid, alkaloid, isoeugonel, p-kresol metir eter, minyak, dan alkohol benzil.

Selain itu dalam bunga kantil terdapat pula minyak yang mengandung bahan-bahan kimia seperti indol, benzil asetat, oksimes, eter metil kresol, metil palmitat, metil linoleat, geraniol, ionon, cineol, alfa iononalkohol benzil, linalol, betaionon, isoeugenol, feninletanol, feniletil asetat, dan lain-lain. Bahan-bahan kimia tersebut dipercaya berguna untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan, salah satunya adalah untuk menyembuhkan vertigo.

Gangguan kesehatan yang menyebabkan kepala seolah berputar-putar ini bisa diatasi dengan ramuan bunga kantil. Rebus lima atau tujuh kuntum bunga kantil dengan kurang lebih 500 militer air sampai mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa setengahnya. Minum rebusan bunga kantil tersebut selagi hangat.

Jika Anda sering mengalami perut kembung, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi ramuan bunga kantil. Rebus lima kuntum bunga kantil, lima gram jahe, tiga butir kapulaga, dan lima gram kulit jeruk mandarin dalam 700 mililiter air. Rebus sampai mendidih hingga airnya tinggal setengahnya atau sekitar 300 mililiter. Minum air rebusan tersebut selagi hangat.

Bunga kantil juga bisa digunakan untuk mengatasi sinusitus atau gangguan kesehatan akibat infeksi pada rongga udara, seperti hidung, muka, dan dahi. Ambil 30 gram bunga kantil kering, 30 gram daun mint, 15 gram jahe, dan dua siung bawang putih. Rebus bahan-bahan tersebut dengan kurang lebih 800 cc air. Rebus sampai mendidih hingga airnya tersisa setengahnya.  Minum air rebusan tersebut dua kali sehari, masing-msing 200 cc.

Jika Anda kerap mengalami gangguan pernafasan cobalah mengonsumsi ramuan bunga kantil. Rebus 15 gram daun kantil, umbi bunga lili, dan kulit jeruk mandarin yang telah dikeringkan dalam 500 cc air. Rebus hingga airnya tersisa setengahnya, minum selagi hangat. Untuk menambah rasa bisa juga ditambahkan madu.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X