• Minggu, 4 Desember 2022

Sehatkan Organ Kewanitaan dan Pencernaan dengan Konsumsi Bunga Mawar

- Kamis, 3 November 2022 | 16:30 WIB
Ilustrasi Bunga Mawar (Pixabay )
Ilustrasi Bunga Mawar (Pixabay )

Watyutink.com - Salah satu bunga yang paling kenal adalah Mawar. Aromanya yang wangi serta warnanya yang indah membuat bunga mawar kerap hadir dalam berbagai kesempatan, terutama acara-acara romantis. Mawar merah sering dianggap sebagai lambang atau simbol cinta dan kasih sayang.

Selain itu bunga mawar merah dapat mempercantik ruangan. Warnanya yang indah dan aromanya yang harum membuat suasana ruangan jadi lebih indah dan menyenangkan. Ternyata mawar merah bukan hanya indah dan harum, tapi juga sehat.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bunga mawar bagi kesehatan?

Penggunaan bunga mawar merah untuk kesehatan sebenarnya sudah lama dikenal. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bunga mawar merah mengandung beberapa senyawa seperti sitrat, sitronelol, geraniol linalol, dan nerol. Selain itu bunga mawar juga mengandung antioksodan, antosianin, zink, dan vitamin C.

Bunga mawar juga dikenal kaya kandungan air. Sebanyak 95 persen dari kelopak bunga mawar merah mengandung air.

Bagi orang Indonesia, memakan bunga mawar masih terasa asing. Padahal kebiasaan ini sudah banyak dikenal dalam dunia kesehatan herbal. Pengobatan tradisional China dan Timur Tengah sudah lama mencampurkan bunga mawar merah dalam menu makanan.

Mengonsumsi bunga mawar mempunyai banyak manfaat. Ramuan teh bunga mawar dapat menjadi sarana untuk menurunkan berat badan. Caranya, ambil 10 hingga 15 kelopak bunga mawar. Rebus dengan air bersih hingga mendidih dan airnya berubah menjadi kemerahan. Tuang dalam cangkir dan minum selagi hangat. Bisa juga ditambahkan kayu manis atau madu untuk menambah rasa.

Ramuan bunga mawar juga bermanfaat untuk mencegah hipertensi. Bunga mawar merah diyakini dapat mencegah kenaikan tekanan darah dalam tubuh. Hal inilah yang membuat mengonsumsi ramuan bungan mawar, termasuk teh bunga mawar dapat menurunkan risiko hipertensi.

Rutin meminum teh bunga mawar juga diyakini dapat menyehatkan sistem pencernaan. Bunga ‘romantis’ ini mampu melancarkan dan menghindarkan tubuh dari masalah pecernaan. Selain itu kandungan alami dalam bunga mawar juga mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang mencegah tubuh paparan radikal bebas yang seringkali menjadi pemicu gangguan kesehatan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X