• Minggu, 4 Desember 2022

Cegah Hipertensi, Gangguan Jantung dan Ginjal dengan Daun Pohpohan

- Minggu, 6 November 2022 | 16:30 WIB
Ilustrasi Daun Pohpohan
Ilustrasi Daun Pohpohan

Watyutink.com - Orang Indonesia memang dikenak suka daun-daunan. Bukan hanya untuk memperindah rumah atau halaman, daun-daunan itu juga banyak yang dijadikan bahan makakan.

Orang Sunda menyebutnya Lalapan, orang Jawa mengenalnya sebagai Kulupan. Aneka jenis dedaunan tersebut biasanya disajikan sebagai pendamping beraneka lauk dan sambal.

Salah satu daun yang kerap dijadikan lalapan adalah daun pohpohan. Tanaman ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Pasalnya daun pohpohan sudah lazim dikonsumsi sebagai lalapan. Daun bertekstur kasar ini mirip dengan sirih. Namun daun pohpohan memiliki rasa segar dengan aroma mentol.

Daun pohpohan biasanya hadir bersama sambal terasi. Jika dipadukan dengan nasi hangat dan lauk ikan goreng, dipastikan tidak ada yang tahan godaan mencicipnya.

Ternyata selain enak dimakan, daun pohpoha juga sangat baik untuk kesehatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Daun pohpohan diyakini mampu menjadi obat bagi berbagai jenis penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun pohpohan bagi kesehatan?

Daun pohpohan diketahui kaya akan kandungan nutrisi yang berguna kesehatan. Nutrisi tersebut antara lain karbohidrat, lemak, protein, kalori, serat dan air. Sedangkan kandungan mineral dalam daun pohpohan adalah fosfor, kalsium, kalium, natrium, seng, zat besi, tembaga, dan beta karoten. Ada juga kandungan vitamin A, B1, B2, B3, C dan E.

Berbagai nutrisi, mineral dan vitamin itulah yang menjadikan daun pohpohan bermanfaat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Pasalnya daun pohpohan mampu mencegah efek buruk radikal bebas, pemicu berbagai penyakit kronis, termasuk kanker. Radikal bebas bisa masuk dalam tubuh melalui asap rokok, polusi udara dan zat polutan atau beracun lainnya

Selain itu kandungan nutrisi dalam daun pohpohan juga berguna meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Rutin mengonsumsi daun pohpohan akan menjadikan tubuh lebih tahan dari serangan penyakit.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X