• Kamis, 8 Desember 2022

Manfaat Bunga Sepatu bagi Kesehatan, Cegah Hipertensi, Diabetes, dan Serangan Jantung

- Selasa, 8 November 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi Bunga Sepatu  (Pixabay )
Ilustrasi Bunga Sepatu (Pixabay )

Watyutink.com – Siapa yang tak kenal dengan bunga sepatu? Bunga ini sudah sangat populer lantaran banyak ditanam dan dibudidayakan. Selain bentuk dan warnanya yang indah, bunga sepatu juga mudah ditanam, bahkan tanpa perawatan khusus. Itulah sebabnya bunga sepatu sering dijadikan penghias taman atau halaman rumah.

Namun tidak banyak yang mengetahui manfaat bunga sepatu bagi kesehatan. Padahal bunga sepatu diketahui kaya akan zat dan senyawa kimia yang bermanfaat untuk bahan pembuat obat.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bunga atau kembang sepatu bagi kesehatan?

Kembang sepatu sudah lama dimanfaatkan sebagai teh. Kebiasaan mengonsumsi teh kembang sepatu sudah kerap dilakukan orang India, Arab, dan Mesir. Kelopak dan mahkota bunga adalah bagian kembang sepatu yang dimanfaatkan untuk teh. Bunga  dengan nama latin Hibiscus ini dikenal kaya akan asam organik berupa asam sitrat, malat, dan tartarat. Asam organik ini juga terdapat pada buah anggur.

Keberadaan asam organik itukah yang menyebebkan teh kembang sepatu mempunyai manfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan tekanan darah.

Rutin mengonsumsi teh kembang sepatu diyakini bemanfaat menjaga tekanan darah tetap normal. Hal ini sekaligus mencegah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Teh kembang sepatu juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahatn atau low-density lipoprotein (LDL). Akibatnya rutin mengonsumsi teh kembang sepatu membantu mencegah risiko penyakit jantung dan kerusakan pembuluh darah. Selain itu kembang sepatu juga memiliki sifat hypolipidemic dan hypoglycemic yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau penyakit kencing manis.

Kembang sepatu juga mempunyai khasiat sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas, penyebab berbagai jenis penyakit kronis, termasuk kanker. Selain itu kembang sepatu juga mengandung asam protokatechuat yang memiliki sifat antitumor dan antioksidan.

Hal ituah yang membuat kembang sepatu mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Antioksidan dalam kembang sepatu juga berguna bagi kesehatan organ hati atau liver.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X