• Kamis, 8 Desember 2022

Makan Kulit Kentang Bisa Sehatkan Mata, Jantung dan Pencernaan

- Rabu, 9 November 2022 | 16:30 WIB
Ilustrasi kulit kentang  (Pixabay )
Ilustrasi kulit kentang (Pixabay )

Watyutink.com - Selama ini kita menganggap kulit kentang sebagai sampah yang tidak berguna. Itulah sebabnya saat memasak menggunakan kentang, kulitnya akan dibuang begitu saja.

Padahal anggapan itu salah. Pasalnya kulit kentang justru memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Itulah sebabnya kulit kentang jangan dibuang, melainkan diolah menjadi makanan sehat.

Tahukah Anda, apa saja nutrisi dalam kulit kentang dan bagaimana mengolahnya?

Kentang adalah bahan makanan yang sering diolah menjadi berbagai menu masakan. Dalam mengolahnya, kentang kerap harus dikupas atau dipisahkan dari kulitnya. Saat itu, kulit kentang akan dibuang begitu saja lantaran dianggap tak berguna.

Padahal sejatinya kulit kentang kaya akan kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh. Kandungan nutrisi tersebut antara lain adalah kalium. Mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung, ginjal, otot, dan saraf. Asupan kalium sangat penting dan harus selalu dijaga.

Kulit kentang juga kaya akan kandungan serat. Dalam sebutir kentang, kulitnya mengandung dua gram per ons serat. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga fungsi organ pencernaan. Kekurangan serat dipastikan memicu masalah pencernaan, sepeti sembelit atau susah buang air besar.

Kulit kentang juga memiliki kandungan mangan yang penting untuk proses pengolahan karbohidrat, kolesterol, dan protein. Mengonsumsi kentang beserta kulitnya dapat memenuhi sepertiga kebutuhan mangan harian.

Mineral lain yang terdapat dalam kulit kentang adalah folat, zinc, dan zat besi. Folat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Sedangkan zinc berguna untuk membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Sementara zat besi dapat membantu pembentukan hemoglobin dalam darah.

Ilustrasi kulit kentang

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X