• Kamis, 8 Desember 2022

Cegah Hipertensi, Diabetes, dan Masalah Kesuburan Pria dengan Mandi Sebelum Subuh

- Kamis, 10 November 2022 | 17:05 WIB
Ilustrasi mandi
Ilustrasi mandi

Watyutink.com - Mandi adalah kegiatan yang rutin dilakukan semua orang. Bahkan mandi sangat dibutuhkan. Tidak hanya untuk membersihkan tetapi juga untuk menyegarkan tubuh. Terutama setelah beraktivitas sepanjang hari.

Mandi juga perlu untuk menjaga kesehatan, terutama kulit. Mandi sejatinya bisa dilakukan kapan saja, pagi siang atau malam. Meski demikian ada waktu-waktu tertentu yang sangat baik untuk mandi. Salah satunya adalah waktu sebelumnya Subuh.

Bagi umat Islam tentu sudah tidak sulit untuk bangun tidur sebelum Subuh. Pasalnya saat itu umat Islam wajib melaksanakan sholat. Ternyata ada satu kegiatan yang juga dianjurkan saat sebelum subuh, yakni mandi.

Para ahli kesehatan meyakini mandi sebelum subuh, terutama menggunakan air dingin mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda apa saja manfaat mandi sebelum subuh bagi kesehatan?

Mandi adalah kegiatan yang sudah biasa dilakukan. Hampir semua orang, terutama masyarakat Indonesia, biasa mengawali aktivitas dengan mandi. Sebelum bekerja, sekolah atau beribadah. Bahkan bagi umat Islam dalam beberapa kondisi, diharuskan atau diwajibkan mandi.

Biasanya orang mandi di pagi hari setelah matahari terbit. Tidak banyak orang yang mandi sebelum matahari terbit, kecuali mereka yang benar-benar membutuhkannya karena harus berangkat kerja pagi-pagi betul. Mereka terpaksa mandi sebelum waktu subuh tiba.

Sejatinya mandi sebelum subuh bisa dilakukan siapa saja, tidak harus orang yang berangkat kerja pagi-pagi buta. Bahkan orang yang sedang libur pun dianjurkan mandi sebelum subuh.

Para ahli menyebut mandi sebelum subuh banyak manfaatnya, salah satunya untuk meredakan stres. Mandi sebelum subuh dapat menstimulasi titik biru pada bagian otak. Bagian ini adalah sumber utama noradrenaline yang dapat membantu mengurangi perasaan stres dan depresi secara kimiawi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X