• Kamis, 8 Desember 2022

Sering Ngantuk di Pagi Hari, Bisa Jadi Anda Terserang Hypersomnia atau Nokturia

- Selasa, 15 November 2022 | 16:25 WIB
Ilustrasi mengantuk di pagi hari
Ilustrasi mengantuk di pagi hari

Watyutink.com - Mengantuk adalah sesuatu yang wajar. Semua orang pasti merasakannya. Mengantuk adalah sinyal agar tubuh segera beristirahat. Mengantuk adalah cara tubuh minta kita segera tidur.

Namun mengantuk jadi aneh jika terjadi di pagi hari. Pasalnya di pagi hari seharusnya seseorang merasa segar lantaran baru bangun dari tidur semalaman. Menjadi semakin aneh jika sebelumnya seseorang sudah tidur dalam waktu yang cukup, enam hingga delapan jam.

Mengantuk di pagi hari tentu tidak bisa dibiarkan. Pasalnya hal itu bisa menganggu aktivitas harian. Kerja, belajar dan sebagainya dipastikan terhambat lantaran tubuh kembali minta tidur.

Selain itu mengantuk di pagi hari setelah tidur cukup bisa menjadi pertanda 'ada sesuatu yang salah' dalam tubuh.

Tahukah Anda, gangguan tubuh apakah yang menjadi penyebab tubuh selalu mengantuk?

Gangguan kesehatan pertama yang patut dicurigai adalah hypersomnia. Kondisi ini adalah kebalikan dari insomnia. Selain menyebabkan ngatuk terus menerus, hypersomnia juga menyebabkan penderitanya sulit berpikir cepat.

Antara hypersomnia dan insomnia mempunyai sumber penyakit yang sama, berpusat di otak.

Sering mengantuk juga pertanda seseorang menderita central sleep apnea, yakni kegagalan otak mengirim sinyal ke otot pernafasan. Tubuh akan mengalami kekurangan oksigen yang berakibat muncul rasa kantuk hingga sehari penuh.

Selain itu tubuh akan kerap mengalami sesak nafas, sakit kepala dan sulit berkonsentrasi. Jika dibiarkan, bisa meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan radang otak.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X