• Minggu, 4 Desember 2022

Manfaat Tak Terduga Makan Ubi, Sehatkan Mata, Jantung, Kulit dan Cegah Kanker

- Rabu, 16 November 2022 | 17:00 WIB
Makan ubi ternyata baik untuk menjaga kesehatan
Makan ubi ternyata baik untuk menjaga kesehatan

Watyutink.com - Siapa yang tidak tahu ubi jalar. Bahan makanan ini seringkali dipandang sebelah mata dan dianggap sebagai makanan kelas bawah. Ternyata meskipun dianggap makanan ‘ndeso’ ubi jalar mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh.

Sebenarnya nama 'Ubi Jalar' disematkan untuk membedakannya dengan 'Ubi Kayu.' Namun karena orang lebih suka menyebut Ubi Kayu dengan Singkong maka Ubi Jalar sering disebut sebagai 'Ubi' saja.

Ubi jalar atau Ubi memiliki memiliki manfaat bagi kesehatan lantaran kandungan kalori dan karbohidrat lebih rendah dibanding umbi-umbian lainnya, seperti kentang. Selain itu, ubi juga memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan yang tinggi. Itulah sebabnya ubi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan penglihatan.

Departemen Pertanian Amerika Serikat menyebut, satu buah ubi atau orang Jawa menyebutnya 'Telo' itu menyediakan lebih dari 100 persen jatah vitamin A harian yang direkomendasikan.

Ubi juga kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin B6 yang penting untuk kesehatan otak dan sistem saraf. Ubi juga menjadi sumber kalium dan magnesium yang baik untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu mengatur tekanan darah.

Ahli gizi Emilia Achmadi mengatakan kandungan vitamin C, zat besi, dan magnesium dalam ubi dapat menyembuhkan peradangan internal maupun eksternal. Selain juga mempu mengatasi penyakit bronchitis dan asma. vitamin B kompleks, betakaroten, kalium, dan kalsium pada ubi juga sangat baik untuk pencernaan, terutama dalam meredakan radang lambung.

Emilia menambahkan betakaroten dan vitamin C adalah komponen penting dalam membantu mengatasi kanker, terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan sejumlah kanker lainnya.

Kandungan serat yang dikandung ubi juga dapat membantu tubuh mempertahankan keseimbangan cairan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X