• Minggu, 4 Desember 2022

Mengenal Stent, Cincin Penyelamat Penderita Gangguan Jantung

- Minggu, 20 November 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi gangguan jantung
Ilustrasi gangguan jantung

Watyutink.com - Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Fungsinya sebagai ‘alat pompa’ darah ke seluruh tubuh menjadikan jantung sangat vital. Itulah sebabnya kondisi dan kesehatan jantung wajib dijaga. Pasalnya sedikit saja masalah pada jantung bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Jika tidak segera ditangani bisa berakibat fatal, bahkan kematian.

Di sisi lain, tuntutan hidup saat ini kian berat. Pekerjaan dan kesibukan kadang membuat orang lupa menjada kesehatan tubuh, termasuk jantung. Akibatnya gangguan jantung pun kerap terjadi. Mau tak mau tindakan medis harus dilakukan guna menyelamatkan seseorang dari kondisi yang lebih buruk.

Untuk mengembalikan jantung agar berfungsi dengan baik, para dokter sering kali harus memasang beberapa ‘benda asing.’

Tahukah Anda, apa saja ‘benda asing’ yang sering digunakan untuk mengembalikan fungsi jantung?

Alat atau benda pertama yang sering digunakan untuk menyelamatkan penderita sakit jantung adalah stent. Alat yang juga disebut cincing atau ring berbentuk seperti jala atau tabung kecil berfungsi membuka saluran pembuluh darah yang mampet atau tertutup. Pemasangan ring biasanya dilakukan pada penderita panyakit jantung koroner.

Stent, cincin atau ring yang dipasang di saluran pembuluh darah

Ring juga dipasang pada penderita gangguan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah akibat penumpukan plak. Biasanya plak menumpuk akibat kolesterol atau zat-zat lain yang menempel di dinding pembuluh darah. Dalam beberapa kasus, seseorang bisa dipasangi ring hingga lebih dari satu.

Benda lain yang juga sering dipasang untuk menyelamatkan jantung adalah alat pacu jantung atau pacemaker. Alat pacu jantung umumnya sebesar korek api dan ditanamkan di balik kulit di area dada di bawah tulang selangka. Alat ini digunakan untuk pasien yang mengalami denyut jantung tidak normal, seperti detak jantung lambat, bekas operasi, kondisi setelah terkena serangan jantung dan keracunan obat.

Ilustrasi pacemaker atau alat pacu jantung

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X