• Rabu, 30 November 2022

Sehatkan Tulang, Kulit dan Pencernaan dengan Gulai Cempedak

- Rabu, 23 November 2022 | 17:00 WIB
Gulai Cempedak  (Instagram @sajianistimewa)
Gulai Cempedak (Instagram @sajianistimewa)

Watyutink.com - Buah cempedak sudah banyak dikenal orang. Rasanya yang manis menjadi ciri khas buah yang mirip dengan nangka ini. Itulah sebabnya cempedak sangat digemari orang.

Namun banyak orang yang tidak mengetahui ternyata cempedak adalah buah sehat. Pasalnya buah ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat cempedak bagi kesehatan?

Cempedak diketahui kaya akan kandungan nutrisi, seperti asam askobat, bioflanonoid, dan antioksidan. Selain itu cempedak juga memiliki kandungan vitamin A dan C serta beberapa enzim lainnya yang berguna untuk kesehatan.

Itulah sebabnya, cempedak mampu menjadi obat bagi beberapa penyakit seperti, malaria. Kandungan bioflavonoid yang terkandung dalam daging dan kulit cempedak dikenal ampuh mengatasi penyakit malaria.

Cempedak juga kaya akan kandungan serat. Itulah sebabnya mengonsumsi cempedak bisa menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan serat yang melimpah membuat cempedak mampu memperlancar fungsi usus. Beberapa ahli bahkan tengah meneliti manfaat buah ini untuk mencegah kanker usus.

Bagi Anda yang sering mengalami kram dan otot kaku, cempedak bisa menjadi solusi. Pasalnya nutrisi dan zat-zat dalam buah cempedak ampuh mengatasi masalah otot. Selain itu cempedak juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, tulang, dan gigi.

Rutin makan cempedak juga membawa akibat baik bagi kesehatan kulit dan wajah. Nutrisi dalam cempedak menjadikan kulit lebih kencang dan bebas kerutan. Wajah akan terlihat lebih segar dan terjaga kesehatannya.

Cara termudah mendapatkan manfaat buah cempedak adalah dengan memakannya secara langsung. Tapi buah cempedak juga bisa diolah menjadi masakan, salah satunya adalah gulai cempedak.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Ayam vs Bebek, Mana yang Lebih Sehat Dagingnya

Minggu, 13 November 2022 | 16:00 WIB
X