• Minggu, 29 Januari 2023

Sembuhkan Maag dan Asam Lambung dengan Jus Kubis dan Timun

- Minggu, 27 November 2022 | 16:15 WIB
Ilustrasi Kubis dan Timun
Ilustrasi Kubis dan Timun

Watyutink.com - Sistem pencernaan adalah gabungan beberapa organ tubuh yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya sistem pencernaan berfungsi mencerrna makanan dan menyerap nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Selanjutnya organ pencernaan akan mengirim nutrisi kepada darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Sistem pencernaan terdiri dari sejumlah organ tubuh, mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Ada pula organ hati, pankreas, dan kantung empedu. Meski tidak dilalui makanan, organ-organ tersebut mempunyai peran penting dalam proses pencernaan. Sistem pencernaan akan berjalan dengan baik jika semua organ tersebut juga berfungsi dengan baik.

Salah satu atau sedikit saja organ tersebut terganggu, dipastikan akan membuat pencernaan mengalami masalah. Itulah sebabnya sistem pencernaan harus selalu dijaga kesehatannya. Salah cara menjaga kesehatan organ pencernaan adalah dengan mengonsumsi bahan-bahan alami atau herbal.

Tahukah Anda, apa bahan alami yang berguna untuk menyehatkan pencernaan?

Banyak jenis gangguan pencernaan yang kerap menyerang, diantaranya adalah mual, muntah, perut kembung, sakit perut, diare, sembelit, susah buang air besar, sulit menelan, maag, asam lambung dan sebagainya. Gangguan pencernaan biasanya terjadi lantaran beberapa organ tubuh mengalami masalah, seperti penyakit refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), peradangan di kerongkongan, dinding lambung, atau usus.

Selain itu juga peradangan pada divertikula yang menimbulkan gejala demam, sakit perut, mual, muntah, sembelit atau diare. Wasir juga menjadi penyebab gangguan pencernaan lantaran membuat fungsi anus terganggu.

Untuk mengatasi gangguan pencernaan sangat dianjurkan menggunakan bahan-bahan alami, terutama yang terdapat pada aneka sayuran, seperti kubis dan timun. Kubis adalan sayuran yang sangat mudah diperoleh. Biasanya kubis diolah menjadi aneka sayur berkuah, seperti sup atau menjadi campuran nasi goreng. Meski tidak mempunyai rasa yang spesial, tanpa kehadiran kubis masakan-masakan tersebut bakal terasa ada yang kurang.

Kubis diketahui kaya akan kandungan nutrisi, seperti kalsium, magnesium, potasium, dan mangan. Selain itu sayur yang juga disebut kol ini juga mengandung vitamin B6 dan C. Kubis juga rendah kandungan kalori. Kubis juga mengandung kadar polifenol dan glucosinolates yang cukup tinggi. Kedua senyawa itulah yang berguna melawan penyakit yang bakal menyerang tubuh. Kubis juga mengandung senyawa antikanker, sulforafan, lupeol, dan sinigrin yang berguna melawan penyakit tumor.

Ilustrasi penyakit maag (fk.ui.ac.id)

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Sembuhkan Gangguan Telinga dengan Bawang Putih

Senin, 16 Januari 2023 | 15:45 WIB

Sembuhkan Biduran dengan Adas, Kunyit dan Bawang Merah

Selasa, 10 Januari 2023 | 15:30 WIB
X