• Minggu, 29 Januari 2023

Waspadai Gangguan Kesehatan Akibat Jarang Cuci Celana Jeans

- Selasa, 29 November 2022 | 15:30 WIB
Menggunakan celana jeans yang jarang dicuci ternyata tidak baik untuk kesehatan  (Pixabay )
Menggunakan celana jeans yang jarang dicuci ternyata tidak baik untuk kesehatan (Pixabay )

Watyutink.com - Apakah Anda penggemar celana jeans? Sepertinya tidak ada orang yang tidak suka celana jeans, terutama anak muda. Celana yang satu ini memang sangat banyak penggemarnya.

Selain karena design yang sederhana, jeans juga digemari lantaran kuat dan tidak mudah robek. Jeans juga sesuai untuk berbagai acara, santai bisa formal pun bisa.

Namun Anda perlu berhati-hati saat mengenakan jeans. Jangan karena saking sukanya, Anda lupa mengganti celana dan memakainya selama berhari-hari.

Tahukah Anda, apa akibat buruk mengenakan jeans berhari-hari tanpa ganti?

Salah satu kebiasaan pemakai jeans adalah jarang mencuci. Meski terdengar jorok tapi hal ini kerap dilakukan penggemar jeans. Padahal kebiasaan ini sangat berisiko menimbulkan masalah kesehatan.

Dalam tulisan yang dimuat Men's Health, Dr. Steve Xu, M.D. dari Northwestern University Feinberg School of Medicine menyebut bahwa seseorang yang terbiasa mengenakan jeans berhari-hari berisiko mengalami serangan infeksi bakteri.

Namun Steve menyebut hal itu tidak perlu dirisaukan karena kemungkinan serangan infeksi tergolong rendah. Pasalnya kulit merupakan pelindung yang sangat baik terhadap infeksi.

Sedangkan Dr. Adrienne Haughton, M.D., direktur dermatologi klinis dan kosmetik dari Stony Brook Medicine menyebut kebiasaan menggunakan celana jeans tanpa mencuci memiliki kemungkinan menimbulkan rasa gatal atau infeksi jamur pada bagian selangkangan. Adrienne menyebut kaum pria paling banyak mengalami gangguan tersebut.

Jika seseorang tidak menggunakan kaos kaki sebelum memasang celana dalam maka jamur bisa berpindah pada area selangkangan dan selanjutnya pada celana jeans. Ketika celana jeans tidak dicuci, jamur ini bakal terus berkembang.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Sembuhkan Gangguan Telinga dengan Bawang Putih

Senin, 16 Januari 2023 | 15:45 WIB

Sembuhkan Biduran dengan Adas, Kunyit dan Bawang Merah

Selasa, 10 Januari 2023 | 15:30 WIB
X