• Minggu, 29 Januari 2023

Obati Hepatitis, Malaria, Demam Berdarah dan Nyeri Haid dengan Daun Pepaya

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:35 WIB
Ilustrasi jus daun pepaya
Ilustrasi jus daun pepaya

Watyutink.com - Daun pepaya sudah lazim digunakan sebagai salah satu bahan pangan. Daun berbentuk mirip jari tangan ini kerap disajikan sebagai lalapan menemani sambal, ikan atau ayam goreng, dan menu masakan lainnya.

Meski rasanya pahit, daun pepaya banyak penggemarnya. Bersama 'saudaranya', yakni daun singkong, daun pepeya tidak pernah absen hadir di acara makan-makan yang menyajikan menu lalapan. Rasanya yang segar membuat banyak orang tertarik menyantap daun pepaya.

Walaupun banyak yang suka, tapi sedikit yang tahu jika daun pepaya adalah makanan sehat. Padahal daun pepaya sangat baik untuk menjaga kesehatan. Pasalnya daun pepaya kaya akan kandungan nutrisi yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun pepaya untuk kesehatan?

Beberapa penelitian menunjukkan daun pepaya banyak mengandung senyawa phytonutrisi yang berfungsi sebagai antioksidan kuat sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu daun pepaya juga mengandung senyawa alkaloid, carpaine, pseudocarpaine dan dehydrocarpaine yang mempunyai efek kemo-preventif.

Beberapa senyawa inilah yang membuat daun pepaya dapat menyehatkan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Membuatnya menjadi jus adalah salah satu cara mengkonsumsi daun pepaya. Selain daun pepaya juga berguna meningkatkan produksi trombosit darah.

Mempertahankan jumlah trombosit darah sangat penting, terutama bagi penerita demam berdarah. Pasalnya penyakit ini menyebabkan trombisit turun dalam waktu singkat.

Prof DrAhmad Ansori Mattjik, M.Sc, mantan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan daun papaya adalah salah satu obat alternatif terbaik untuk mengobati penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Daun pepaya juga baik untuk kesehatan hati lantaran mempunyai efek pembersih yang membuat tubuh, terutama hati menjadi sehat. Sehingga terhindar dari penyakit kronis seperti hepatitis atau sakit kuning, sirosis hati dan kanker hati. Daun pepaya juga baik untuk sistem pencernaan. Enzim papain, chymopapain, protease dan amilase yang dikandungnya membantu daun pepaya dapat menghancurkan protein dan karbohidrat yang seringkali menyebabkan gangguan pencernaan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Sembuhkan Gangguan Telinga dengan Bawang Putih

Senin, 16 Januari 2023 | 15:45 WIB

Sembuhkan Biduran dengan Adas, Kunyit dan Bawang Merah

Selasa, 10 Januari 2023 | 15:30 WIB
X