• Selasa, 31 Januari 2023

Enam Makanan dan Minuman Penyebab Lemas, Ada Kopi dan Gorengan

- Minggu, 4 Desember 2022 | 17:00 WIB
Kopi sebabkan lemas karena bisa ganggu waktu tidur
Kopi sebabkan lemas karena bisa ganggu waktu tidur

Watyutink.com - Makanan yang kita konsumsi setiap hari pada dasarnya dimaksudkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Makanan yang masuk dalam tubuh diharapkan akan menjadi energi yang dibutuhkan untuk bekerja, belajar, dan kegiatan lainnya. Itulah sebabnya makan sangat diperlukan oleh tubuh.

Namun apa jadinya jika makanan yang kita konsumsi justru menyebabkan tubuh lemas. Hal ini terjadi pada beberapa jenis makanan dan minuman. Bukannya menjadi lebih bertenaga, beberapa makanan tersebut justru menjadikan tubuh lemas bahkan mengantuk. Terutama jika dimakan secara berlebihan.

Tahukah Anda, apa saja makanan yang menyebabkan lemas?

Makanan yang menyebabkan tubuh lemas dan mengantuk lantaran memiliki kandungan gula, garam, kafein, dan lemak yang tinggi. Tubuh akan mengeluarkan energi lebih banyak untuk mengolah makanan tersebut. Hal inilah yang menyebabkan tubuh menjadi lemas dan terkuras energinya. Salah satu makanan tersebut adalah gorengan.

Makanan yang digoreng seperti kentang, ayam, dan gorengan lainnya bakal memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi. Kandungan minyak menyebabkan lemak jenuh pada minyak menyebabkan tubuh mencerna makanan lebih keras. Akibatnya energi tubuh menjadi lebih terkuras dan berakibat lemas serta mengantuk. Selain itu asupan minyak terlalu banyak dapat menimbulkan rasa haus berlebihan.

Kopi juga menimbulkan tubuh menjadi lemas. Minuman yang kerap digunakan untuk melawan kantuk ini dikenal tinggi kadungan kafein. Hal inilah yang kerap menimbulkan rasa gelisah dan menyebabkan pola tidur tidak beraturan, terutama di malam hari. Akibatnya keesokan harinya tubuh akan lemas lantaran kurang tidur.

Hal serupa dengan minuman energi yang juga tinggi kadar kafein. Selain itu minuman energi juga tinggi kadar gula. Kombinasi kafein dan gula yang tinggi akan menyebabkan detak jantung meningkat. Selain itu tubuh akan mudah gelisah dan sulit tidur. Kandungan gula juga menyebabkan tubuh mudah merasa haus

Makanan rendah kalori ternyata juga bisa menimbulkan tubuh merasa lemas. Meski diyakini lebih sehat, makanan rendah kalori, seperti susu, ikan, atau biji-bijian menyebabkan tubuh lemas jika tidak dikombinasikan dengan makanan lain.

Gorengan sebabkan lemas karena banyak mengandung minyak (Pixabay )

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Sembuhkan Gangguan Telinga dengan Bawang Putih

Senin, 16 Januari 2023 | 15:45 WIB

Sembuhkan Biduran dengan Adas, Kunyit dan Bawang Merah

Selasa, 10 Januari 2023 | 15:30 WIB
X