• Minggu, 29 Januari 2023

Manfaat Rutin Minum Jamu Beras Kencur, Cegah Batuk, Sesak Napas, Diare, dan Sakit Gigi

- Senin, 5 Desember 2022 | 15:55 WIB
Jamu Beras Kencur, minum tradisional yang baik diminum secara rutin
Jamu Beras Kencur, minum tradisional yang baik diminum secara rutin

Watyutink.com - Salah satu jenis jamu atau minuman tradisional yang sangat terkenal adalah beras kencur. Di beberapa daerah terutama di Pulau Jawa, beras kencur menjadi minuman yang bisa dinikmati setiap hari. Di samping rasanya yang enak, minuman beras kencur jug baik untuk kesehatan. Hal ini tak lepas dari kencur yang menjadi bahan utamanya.

Selama ini kencur dikenal luas sebagai bahan pembuat masakan. Beragam jenis masakan bisa dibuat dengan kencur sebagai bumbu masaknya. Ternyata selain sebagai bumbu masak, kencur juga dikenal sebagai bahan pembuat obat-obatan herbal yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan manusia.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kencur bagi kesehatan?

Kencur mempunyai nama latin Kaempferia galanga L. Kencur masih satu keluarga dengan jahe atau Zingiberaceae. Tak heran sekilas kencur dan jahe agak susah dibedakan.

Selain sebagai bumbu masak, kencur juga dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan. Pasalnya kencur mengandung beragam zat seperti, sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, dan lain yang termasuk dalam minyak-minyak atsiri. Selain itu kencur juga mengandung beberapa senyawa kimia, yakni etil p-metoksisinamat, p-metoksistiren, karen, borneol, dan parafin.

Itulah sebabnya kencur dipercaya ampuh menyembuhkan beberapa penyakit, seperti batuk. Ramuan tradisional kencur dicampur garam dikenal sebagai obat tradisional untuk batuk berdahak. Selain itu ramuan kencur dan garam juga bisa melegakan pernapasan.

Kencur juga bisa menghilangkan stres. Sebuah penelitian menemukan bukti bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang atau akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan. Itu sebabnya, banyak orang memanfaatkan kencur sebagai obat yang digunakan untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi.

Hasil penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, menemukan bahwa kecur dapat mengobati diare. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa ekstrak kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah cukup banyak. Hal inilah yang membuat kencur diyakini manjur untuk mengatasi diare dan sakit perut.

Kuncur juga mempunyai efek sangat baik bagi kesehagan gigi. Sifat antimikroba dalam kencur dapat membantu menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus yang menjadi penyebab kerusakan gigi seperti karies gigi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Sembuhkan Gangguan Telinga dengan Bawang Putih

Senin, 16 Januari 2023 | 15:45 WIB

Sembuhkan Biduran dengan Adas, Kunyit dan Bawang Merah

Selasa, 10 Januari 2023 | 15:30 WIB
X