• Selasa, 31 Januari 2023

Air Hangat vs Air Dingin, Mana yang Lebih Baik untuk Diminum, Simak Penjelasan dr Zaidul Akbar

- Selasa, 6 Desember 2022 | 15:30 WIB
Air hangat atau Air dingin yang lebih baik untuk tubuh
Air hangat atau Air dingin yang lebih baik untuk tubuh

Watyutink.com - Air adalah kebutuhan dasar manusia, seperti halnya makanan, konsumsi air sangat penting bagi manusia. Para ahli bahkan mengatakan kebutuhan akan minum bagi manusia lebih besar dibanding makanan. Tanpa makanan manusia bisa bertahan hingga satu pekan, sedangkan tanpa minum manusia hanya mampu bertahan paling lama empat hari.

Tak heran jika manusia sangat butuh minum. Pasalnya sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Sehingga minum air putih sangat diperlukan guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang tidak sedikit.

Ada banyak jenis cairan yang bisa dikonsumsi. Namun para ahli menyebut yang paling baik dikonsumsi untuk memenuhi asupan adalah air putih. Ada dua jenis air putih yang kerap diminum, yakni air dingin dan air hangat. Keduanya diminum dalam kondisi berbeda.

Banyak orang yang lebih menyukai minum air hangat lantaran dirasa lebih nyaman dan nikmat. Namun tidak sedikit yang memilih air dingin dengan alasan lebih segar dan lebh cepat menghilangkan dahaga.

Tahukah Anda, mana yang lebih baik untuk kesehatan, air hangat atau air dingin?

Pakar kesehatan hebal, dr Zaidul Akbar dalam unggahan di akun Instagramnya, menuliskan tentang perbedaan pengaruh minum air dingin dan air hangat bagi tubuh.

Mengonsumsi air dingin memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya lebih cepat mengatasi gerah dan mendinginkan suhu tubuh. Hal ini dirasakan terutama saat usai berolah raga. Saat itu biasanya tubuh akan mengalami peningkatan suhu. Saat itulah minum air dingin akan membuat suhu tubuh turun dan kembali normal dalam waktu cepat.

Air dingin juga berguna mengatasi heatstroke yakni kondisi tubuh yang mengalami peningkatan suhu secara drastis hingga 40 deajat selsius. Heatstroke seringkali terjadi akibat paparan suhu panas dari lingkungan sekitar di luar batas toleransi tubuhnya, seperti cuaca sedang sangat terik.

Jika tidak segera diatasi, heatstroke bisa merusak organ penting seperti otak dan organ internal lainnya. Dalam kondisi tertentu bahkan bisa berakibat kematian.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Sembuhkan Gangguan Telinga dengan Bawang Putih

Senin, 16 Januari 2023 | 15:45 WIB

Sembuhkan Biduran dengan Adas, Kunyit dan Bawang Merah

Selasa, 10 Januari 2023 | 15:30 WIB
X