• Senin, 15 Agustus 2022

Ikhtiar Kebangsaan Dalam Membangun Digitalisasi Ekonomi

- Selasa, 5 Juli 2022 | 11:00 WIB
Dr Lia Kian
Dr Lia Kian
Lia Kian, Dr.
Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila
 
Watyutink.com - Baik mereka yang memanfaatkan digitalisasi ekonomi untuk konsumtif, maupun untuk melakukan hal-hal yang produktif atau memanfaatkannya untuk transaksi jual beli.

Menyikapi salah satu kebutuhan masyarakat itu, pemerintah harus bisa menyiapkan infrastruktur utama maupun pendukung lainnya. Pemerintah di sini bukan hanya pemerintah di tingkat pusat, tetapi juga pemerintah daerah. Penyiapan infrastruktur pendukung seperti jaringan komunikasi dan internet. Penyediaan infrastruktur diutamakan pada wilayah-wilayah ataupun teritorial yang akses publik dan komunikasinya kurang memadai.

Selanjutnya, jikalau kita melihat digitalisasi dari dua sisi, baik konsumtif maupun produktif, keduanya membutuhkan dukungan fasilitas infratsruktur yang memadai. Konsumtif itu seperti mereka yang melakukan konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari, keperluan rumah tangga, dan sejenisnya. Sementara produktif, yang harus diberikan perhatian secara khusus adalah UMKM.

Mereka yang bergerak dalam bidang produksi seperti UMKM itu harus siap untuk melakukan proses digitalisasi. Tentunya, mereka tidak bisa sendiri. Diperlukan dukungan dari pemeritah sebagai mediator, untuk menyediakan segala macam infrastrtur bahkan fasilitas pendukung untuk melakukan proses digitalisasi ekonomi. Baik dari yang sifatnya pemasaran untuk memasarkan barang jualannya, sampai ke pelembagaan yang kuat agar mampu melakukan digitalisasi ekonomi.

Di tengah-tengah perkembangan artificial intelligence, digitalisasi ekonomi merupakan suatu keniscayaan. Sinergi antara pemerintah pusat, daerah, dan dunia usaha sangat dibutuhkan. Itulah yang bisa kita sebut ikhtiar kebangsaan untuk mengikuti proses digitalisasi ekonomi sesuai dengan perkembangan zaman.

Ada sejumlah faktor yang mungkin menjadi penghambat dalam melakukan digitalisasi ekonomi, tetapi jiga ikhtiar kebangsaan ini dilakukan, niscaya proses untuk mengikuti perkembangan zaman dalam hal melakukan digitalisasi ekonomi, pasti bisa dilakukan. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah mendatangkan kemaslahatan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama dunia UMKM.

(Catatan: Opini penalar ini merupakan bagian dari sinopsis "Digitalisasi Ekonomi di Tengah Pandemi; Siapkah Kita?" yang telah diunggah pada 18 Juli 2020 di Watyutink.com)

Editor: Ahmad Kanedi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X