BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Komunikasi/ Dosen FIKOM Universitas Prof.DR.Moestopo (Beragama)
Ada Agenda Membangkitkan Orba

Film G30S/PKI karya Arifin C Noer akan diputar kembali oleh TNI AD. Film tersebut dibuat ketika rezim Orde Baru (Orba) berkuasa. Film tersebut dibuat berdasarkan pesan rezim. Membawa agenda titipan rezim.

Seorang tokoh semiotik bernama Jean Baudrillard melalui teorinya, hyperreality, mengatakan bahwa realitas dibangun seseorang untuk kepentingannya atau agenda yang dibawanya. Realitas tersebut bisa juga dibangun melalui film. Sebagai contoh kita bisa melihat perkembangan film yang dibuat oleh Amerika Serikat (AS) dari era 1980-an sampai 2000-an.

Film AS di era 1980-an selalu identik dengan perang antara AS dengan Vietnam, yang dimenangkan oleh AS. Film AS era 1990-an AS identik dengan Afganistan dan Saddam. Dalam film tersebut sering diawali dengan kumandang adzan dan orang yang berpakaian ala Timur Tengah, namun orang tersebut melakukan kekerasan. Era 2000-an film AS mengambarkan perang melawan teroris.

Kembali pada teori hyperreality, film tersebut dibuat dengan membawa nilai atau agenda yang dibawa oleh pembuatnya yaitu AS. Dengan kata lain film tersebut tidak bebas nilai. Seperti film perang Vietnam mencoba menutupi kekalahan AS dalam perang tersebut, atau film kontra teroris yang merupakan agenda global dari AS.

Kembali pada film G30S, masyarakat harus memahami agenda di balik pemutaran film tersebut. Agenda tersebut adalah membawa kembali atau membangkitkan Orba ke masa kini. Kita bukan hanya harus waspada terhadap kebangkitan komunisme, tetapi kita juga harus waspada terhadap kebangkitan Orba.

Bukan masalah jika film G30S akan diputar kembali. Nanti biarkanlah masyarakat yang menilai sendiri. Sama halnya jika pemerintah mau membuat film serupa dengan fakta-fakta sejarah yang baru dan lebih kekinian atau milenial.

Namun baiknya masyarakat tidak hanya menonton film G30S, tetapi perlu juga menonton film "Jagal". Film yang menceritakan bagaimana korban-korban dari masyarakat yang dipenggal karena dituduh sebagai antek PKI. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF