BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Advokasi, Management dan Kebijakan Publik.
Ada Apa di Balik Ini?

Analisa strategi intelijen internasional tidak semua orang bisa memahami, mungkin juga banyak hal rahasia yang tidak bisa diungkapkan. Namun, bagi orang yang mempelajari akan mengetahui kemana arah kasus penolakan Gatot ini.  

Biasanya dalam strategi Internasional yang sering dimainkan Amerika Serikat dengan menggunakan langkah-langkah untuk mendapatkan simpatik dengan merasa dizholimi, dan ini sudah terbukti. Strategi ini terbilang sangat canggih dan cerdas untuk menghubungkan efek serta peluang dalam pilpres 2019 nanti. Terlepas tanpa melihat kekuatan kanan, kiri maupun tengah, yang penting meraih simpati rakyat terlebih dahulu dan pada akhirnya semua kekuatan akan mendukungnya, dan itu sah-sah saja.

Faktanya partai republik di AS tengah mendominasi effect bisnis dan niaga termasuk perdagangan senjata dan kebutuhan militer dibandingkan dengan partai democrat yang menekankan HAM. Apa artinya bagi Indonesia? Indonesia adalah pasar terbesar dan kepentingan AS sangat banyak terhadap Indonesia. Pak Jokowi setengah hati untuk merapat ke AS, ini dibaca oleh AS, sehingga untuk mengimbanginya diperlukan kekuatan yang mampu berkolaborasi untuk kepentingan AS di Indonesia.

Apakah Kasus penolakan ini hanya kesalahan kordinasi yang dilakukan pemerintahan Trump atau memang ada skenario besar dibalik ini? kita lihat saja perkembangannya.

(cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF