BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Sekretaris Dewan Pakar PA GMNI
Arti Penting Produksi bagi Suatu Negara

Semua organisasi, sekecil apapun bisa berjalan bila ada produksi. Apalagi sebuah negara. Suatu negara bisa survive bila devisa positif. Untuk bisa positif, maka ekspor harus lebih besar dari impor. Syarat-syarat untuk menunjang ekspor adalah sebagai berikut:

Pertama, sumber daya alam atau hutan. Sayangnya, sudah lebih dari 80 persen hutan kita habis dibabat sejak zaman Orde Baru. Kedua, sumber daya mineral. Sumber daya mineral milik kita yang punya nilai jual internasional juga hampir habis dikontrak karyakan, sedang negara hanya dapat income sedikit. Ketiga, regulasi yang sudah banyak berubah. kita termasuk high risk country untuk berinvestasi. Keempat, sistem moneter. Sistem yang ada sekarang kurang kondusif untuk berkembangnya Industri/produksi. Kelima, ekonomi rente yang masih merajalela menyebabkan ekonomi biaya tinggi dan menyebabkan keraguan untuk berinvestasi. Keenam, mindset bangsa yang buruk dengan gap sosial ekonomi yang sangat lebar karena sistem ekonomi yang tidak berpihak pada rakyat banyak. Ketujuh, sumber daya manusia. Kita punya banyak tetapi yang berkualitas sedikit, sedang pengangguran bertambah terus. Kedelapan, utang negara yang harusnya bisa untuk segera menghasilkan produksi tetapi ternyata belum bisa dan masih perlu waktu.       

Dari 8 pointers penunjang ekspor di atas hampir semua negatif. Artinya negara kita hampir tidak berproduksi. Pendapatan negara selain pajak hanya dari jualan bahan mentah/mineral dan sangat sedikit dari industri manufaktur, serta tentu dari beberapa SUN. 

Dengan demikian sudah pasti dapat diukur neraca pembayaran akan selalu defisit dan devisa akan terkuras. Hal ini akan menyebabkan keniscayaan terjadinya momentum kritis dalam bidang ekonomi yang akan diikuti momentum kritis secara politik dalam waktu yang singkat, bila pemerintah tidak segera merubah sistem ekonomi ke arah konsep berdikari. Juga menjadikan Indonesia sebagai gudang pangan dunia dan tujuan pariwisata dunia.   

Tata kelola keuangan negara harus fokus dalam membantu penuh permodalan program pertanian atau kelautan dan wisata, sehingga terbangun banyak pelaku ekonomi rakyat yang akan berproduksi dalam waktu singkat karena sesungguhnya bangsa ini bisa bangkit bila terbangun enterpreuner minimal 2 persen dari jumlah penduduk. Kondisi sekarang, amat jauh dari syarat minimal.  Semoga!  (pso) 

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF