BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Boikot Wisatawan Indonesia, Israel Rugi

Boikot Indonesia terhadap pariwisata Israel adalah langkah konkret, sebagai langkah diplomasi luar negeri.Tujuannya jelas, yakni untuk menunjukkan pemihakan kita pada Palestina. Benar, langkah ini berdampak pada sebagian warga Palestina yang hidup dari sektor wisata.

Namun yang paling rugi adalah Israel yang menarik pajak dari semua aktivitas wisata. Seperti hotel, angkutan, bea masuk, dan lain-lain. Jerusalem Timur misalnya adalah daerah Palestina yang diduduki Israel, yang merupakan tempat tujuan wisata. Israel yang mengelola wilayah tersebut, bukan otoritas Palestina.

Jadi tetap yang rugi terbesar adalah otoritas Israel. Indonesia bisa mengalihkan warganya ke tujuan wisata lain. Seperti di dalam negeri, yang akan memberi dampak ekonomi positif  bagi rakyat kita. Tidak berkunjung ke Israel bukan kerugian besar bagi warga Indonesia. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!             Perekonomian Dunia Masih Dihantui Ketegangan dan Ketidakpastian             Revisi Aturan-aturan yang Tidak Pro Kepada Nelayan!             Kebijakan KKP yang Baru Harus Didukung             Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong