BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)
Diperlukan Strategi Jitu Menembus Pasar Ekspor Baru

Menggenjot ekspor dengan membuka kerjasama perdagangan harus disiapkan secara matang dan menyeluruh. Mulai dari sosialisasi kepada dunia usaha, meningkatkan daya saing sektor produksi dan upaya menetapkan Non Tariff Measures

Di satu sisi, kerjasama perdagangan bisa membuka peluang pasar agar lebih luas, tapi di sisi lain kita juga harus mengurangi berbagai hambatan (tarif) impor dari negara lain tersebut, yang berpotensi meningkatkan impor dan berimplikasi terhadap neraca perdagangan.

Oleh sebab itu, perlu strategi jitu dalam menerapkan berbagai kerjasama internasional.

Mulai dari strategi melakukan negosiasi yang menguntungkan dalam jangka panjang, strategi penurunan tarif secara bertahap hingga memperkuat sektor produksi di dalam negeri agar mampu bersaing dengan produk-produk impor. Memperkuat sektor produksi perlu kerjasama berbagai lintas sektor, mulai dari hulu hingga hilir.

Sayangnya, sampai saat ini belum sejauh ini belum terlihat dampak secara signifikan dari upaya pembukaan pasar baru non tradisional di sejumlah kawasan.

Periode pemerintahan mendatang, saran bagi para pembuat kebijakan untuk meningkatkan ekspor dan perdagangan nasional, harus memahami betul kondisi sektor produksi (tradable), gencar melakukan upaya promosi ekspor dan menugaskan/ berkoordinasi dengan atase perdagangan dan ITPC di setiap negara untuk meningkatkan ekspor ke negara yang bersangkutan, dan mengoptimalkan fungsi market intelijen. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF