BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Politikus Senior Golkar, Mantan Anggota DPD RI, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup, Mantan Menteri PAN
Kebijakan AS Tak Serapi Kelihatannya

Anggapan bahwa kebijakan Amerika Serikat (AS) canggih dan rapi itu kurang tepat. Kenyataannya kebijakan AS amburadul dan sembarangan, apalagi di era kepemimpinan Donald Trump. Jika ditarik lagi melihat ke belakang ke era George W Bush, mereka menyerang Irak atas dasar info kepemilikan senjata pemusnah massal atau  Weapons of Mass Destruction (WMD) dari rezim Saddam Husein. Namun sampai Saddam dieksekusi mati dan hingga hari ini, tudingan AS tersebut tidak terbukti.

Di Asia Tenggara pada era Perang Dingin AS juga pernah mengeluarkan pernyataan mengenai Teori Efek Domino. Kalau AS kalah di perang Vietnam, paham komunisme akan menyebar ke seluruh Asia Tenggara. Faktanya usai AS kalah di Vietnam, namun komunisme tidak menyebar.

Sebagian masyarakat dunia menganggap AS begitu kelihatan hebat. Ini bukan karena fakta sebenarnya, melainkan karena pengaruh film-film zaman dahulu (jadul) yang dibuat oleh Hollywood. Dalam film-film tersebut menunjukkan citra AS yang hebat dan selalu tampil sebagai pemenang.

Jadi kalau kita kembali melihat kasus pencekalan yang dilakukan AS terhadap Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo, ini hanya satu dari sekian banyak contoh ketidakbecusan kebijakan yang kronis di AS, dan memuncak pada era kepemimpinan Trump.

Meski masalah tersebut sudah diatasi, Panglima TNI menolak untuk pergi ke AS. Langkah yang diambil Gatot sudah betul. Kita perlu bersikap tegas terhadap AS, karena ini menyangkut harga diri bangsa dan negara kita. Kelanjutan dari dampak yang ditimbulkan dari kasus ini di dalam negeri merupakan cermin kedewasaan kita dalam berpolitik. Kita lihat saja nanti. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF