BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Sekretaris Badan Data dan Informasi Pengurus Besar IDI
Kesadaran Masyarakat Dibutuhkan Untuk Cegah Demam Berdarah

Kasus demam berdarah di Indonesia memang hingga saat ini masih terus terjadi. Hal itu dikarenakan kita sebagai masyarakat saat ini secara tidak langsung memang menyediakan tempat untuk nyamuk berkembang biak. Selama ini masyarakat kerap membiarkan air yang tergenang, di pot dan sebagainya. 

Sehingga dengan kebiasaan masyarakat yang seperti itu, tanpa kita sadari telah menyediakan tempat untuk nyamuk tinggal dan terus berkembang biak. Jika demikian, maka kasus demam berdarah setiap tahunnya akan terus berulang setiap tahun, bahkan berpotensi meningkat.

Hal tersebur pada dasarnya bukan karena pola hidup masyarakat, namun lebih tepatnya karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk mencegah penyakit demam berdarah yang mematikan. Mungkin karena selama ini masyarakat di sibukkan dengan pekerjaan dan sebagainya, sehingga melupakan hal itu.

Sementara terkait gerakan "1 Rumah 1 Jumantik" yang telah digaungkan oleh Kementerian Kesehatan, harus kembali ditanyakan kepada pemerintah apakah selama ini sudah berjalan dengan baik dan efektif. Karena harus data daerah mana saja yang sudah berhasil dibina dengan baik untuk mencegah penyakit itu.

Sebenarnya dalam kasus ini, memang masyarakat membutuhkan kesadaran pribadi. Oleh sebab itu, memang dibutuhkan seorang tokoh masyarakat untuk mengajak warganya agar menjalankan program pencegahan demam berdarah. Tak hanya itu, tokoh politik dan pemerintah daerah juga harus turut berperan dalam memberikan contoh yang baik. (grh)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF