BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Indonesia Law Enforcement Watch dan Lembaga Bantuan Hukum Nusantara
Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!

Maraknya perdagangan manusia menunjukan lemahnya pengawasan dari pemerintah itu sendiri. Sedangkan Kementrian Tenaga Kerja maupun Kementrian Luar Negeri serta Imigrasi (BNP2TKI) terkesan hanya sebagai lembaga pemungut upeti. Maka tidak lebih menjadi pemadam kebakaran saat kasus mencuat, sedangkan proteksi dari mereka akan maraknya perdagangan manusia terkesan hanya serimonial belaka.

Seharusnya ada dorongan lahirnya undang-undang hingga permen dan perda serta perdes untuk membatasi para pelaku usaha yang ingin mengeruk keuntungan dengan menghalalkan segala cara.

Faktor kemiskinan didesa serta rendahnya tingkat pendidikan hingga serapan tenaga kerja menjadi sangat dominan memicu masyarakat menjadi korban dari praktek-praktek perdagangan manusia itu sendiri.

Sedangkan disisi lain pemerintah terkesan abai dalam melakukan proteksi serta mengedukasi masyarakat, sedang masyarakat berharap ingin mendapatkan penghidupan yang layak sehingga dengan modal keberanian mereka nekad untuk bekerja diluar negeri.

Sementara, gerakan civil society masih terbentur kendala financial serta terjebak pada isu-isu mereka sendiri, sehingga peluang bagi para pelaku usaha hitam dalam bisnis perdagangan manusia semangkin terbuka lebar. Bukan menutup kemungkinan bahwa ada saja oknum-oknum birokrat yang mengeruk keuntungan dari masifnya perdagangan manusia itu sendiri. (yed)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Zaman Zaini, Dr., M.Si.

Dosen pascasarjana Institut STIAMI, Direktur Sosial Ilmu Politik CPPS (Center for Public Policy Studies), Staf Khusus Bupati MURATARA Sumsel

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Pemerintah Daerah Harus Berada di Garda Terdepan             Tegakkan Aturan Jarak Pendirian Ritel Modern dengan Usaha Kecil Rakyat             Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar