BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Memerangi Narkoba Tanggung Jawab Semua Pihak

Otak manusia mengalami perkembangan secara bertahap. Otak belakang berkembang duluan yang berfungsi untuk mengontrol sistem pernapasan dan mengontrol fungsi tubuh vital lainnya seperti detak jantung manusia, penglihatan dan sistem pencernaan. Otak belakang berkembang pada masa kanak-kanak, karena itu pada masa ini paling penting untuk melatih motorik anak-anak.

Berlanjut ke masa remaja adalah perkembangan otak tengah. Pada masa remaja otak tengah telah berkembang sempurna yang berfungsi untuk mengatur perasaan dan emosi serta empati. Namun, pada masa remaja ini otak manusia belum berkembang sempurna layaknya orang dewasa, sehingga pada masa ini remaja sering mengalami galau. Pada masa inilah diperlukan perhatian ekstra agar remaja tidak terjerumus pada hal-hal negatif, termasuk narkoba.

Setelah dewasa, otak depan berkembang sempurna yang fungsi utamanya pengambilan keputusan, perencanaan, pertimbangkan benar salah, dan inhibisi atau pengereman yg dapat mengontrol emosi dan keinginan. Menurut berbagai penelitian, usia 25 adalah masa terbaik untuk pengambilan keputusan, karena otak sudah berkembang sempurna.

Berkaitan dengan narkoba dan peredarannya pada usia sekolah, sebenarnya bukan hal baru. Anak remaja yang masih rentan terhadap segala pengaruh perlu diberikan pilihan yang lebih baik sehingga tidak terjerumus ke dalam jeratan narkoba. Anak remaja yang perkembangan otaknya belum sempurna untuk pengambilan keputusan baik dan buruk sehingga sistem yang dibangun disekitarnya harus memberikan pilihan lain yang lebih baik sehingga narkoba bukan pilihan.

Memerangi narkoba harus dari semua pihak Sebab, upaya untuk memerangi narkoba ibarat ‘mesin jam’, dimana seluruh pihak harus turut serta dan bahu membahu menciptakan lingkungan sehat. Jika satu aspek saja dalam sistem tersebut rusak, maka akan merusak seluruh kinerja mesin jam tersebut. Lingkungan keluarga yang baik, sistem pendidikan yang memadai serta zona pertemanan yang sehat perlu dibangun agar remaja memilih barang haram narkoba sebagai pelarian.

Karena itu, seluruh pihak baik pemerintah, sekolah, masyarakat, orang tua bahkan media harus bekerjasama dalam memerangi narkoda. Fungsi pendidikan yang baik akan memberikan pilihan baik. Begitu juga dalam keluarga, penting untuk membangun kedekatan emosional antara orang tua dan anak melalui komunikasi yang baik agar anak dapat terhindari dari narkoba.

Media juga demikian, sebagai corong untuk terus menginformasikan bahwa narkoba adalah musuh kita bersama yang harus diperangi dan dijauhkan dari masyarakat. Selain membahas bahaya narkoba, peran media juga lebih penting dalam memberikan informasi untuk meningkatkan ketahanan mental dan pilihan positif dalam mengatasi permasalahan. Dengan demikian maka bahaya narkoba tidak akan lagi menyentuk masyarakat. (yed)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?