BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Lembaga untuk Transparansi dan Akuntabilitas Anggaran (LETRAA)/Pemerhati Kebijakan Publik
Perlu Membangun Sistem Pencegahan yang Konsisten

Ihwal korupsi dan pungli yang sulit sekali diberantas di pelabuhan, ini bukti bahwa sistem yang ada tidak terbangun dengan baik, secara administrasi maupun kualitas kinerja. Transparansi dan akuntabilitas tidak tercipta di pelabuhan peti kemas sehingga pola "upeti" dan pola pemanfaat sistem yang rapuh tetap terjadi di tingkat operasionalisasi.

Sistem evaluasi terhadap kinerja penerimaan negara bukan pajak di sektor ini tidak berjalan dengan baik. Sebaiknya perlu ada pemberlakukan sistem di tingkat operasionalisasi dan sistem kinerja penerimaan negara di sektor yang lebih baik.

Tidak bisa juga kita mengandalkan satgas karena kita membutuhkan sistem yang berkelanjutan seperti mendorong adanya sistem penerimaan bukan pajak di sektor yang diarahkan satu pintu, membangun sistem informasi sebagai perwujudan transparansi kinerja penerimaan negara

Kinerja 16 paket deregulasi belum cukup memberikan keyakinan terhadap masyarakat, karena belum sampai menyentuh akar pokok ekonomi indonesia

Memberantas rent seeker, pungli, dan premanisme sangat sulit jika tidak dibangun sistem yang saya sampaikan tadi, bisa dibenahi asalkan ada komitmen dari birokrasi.

Untuk penegakan hukum perlu dilakukan konsolidasi penegakan hukum dalam rangka upaya pencegahan korupsi, konsolidasi dapat melibatkan K/L terkait dan menyusun perencanaan bersama sehingga upaya pencegahannya tidak parsial. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF