BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Komunikasi Politik Universitas Mercu Buana dan Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia
Politik Kita Tak Sehat

Politik kita sudah tak sehat lagi. Sebab tidak lagi menyebarluaskan gagasan, tapi justru menyebar kebencian. Sehingga segala cara digunakan, termasuk mengejek. Aksi semacam ini tentunya sangat tidak mendidik kepada masyarakat. Masyarakat kita diracuni dengan metode politik yang tidak mendidik. 

Selanjutnya saya kira aksi longmarch #2019GantiPresiden sudah jelas bermuatan politik, sebab dalam CFD menyertakan sekelompok orang yang notabene sedang menggaungkan pesan ganti presiden. Tidak dapat dibantah itu merupakan kegiatan politik.

Kehadiran sekelompok orang berkaos #DiaSibukKerja bisa jadi dianggap sebagai kelompok yang memprovokasi. Seharusnya hal seperti itu tak perlu dilakukan sehingga tak menimbulkan reaksi dari pihak lain. Namun meski demikian sepanjang mereka tak melakukan apa-apa, tak boleh disalahkan. Apalagi kalau diperlakukan tak senonoh.

Juga saya kira setiap gerakan yang dilakukan, pasti ada aktornya. Apalagi kegiatan yang bernuansa politis seperti ini pasti ada. Dan untuk mengetahui siapa aktornya, itu menjadi tugas aparat untuk mengeceknya. Sepanjang tidak ada tindak pidana polisi tentu tidak bisa mencegahnya. Seharusnya yang bisa melarang itu hanya Pemda DKI Jakarta melalui Satpol PP.

Terakhir, saya kira kejadian itu belum ada apa-apanya ke depan akan lebih seru lagi dan dinamika serta tensi politik ke depannya akan semakin tinggi. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF