BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Kebijakan Publik, Managing Partner PH&H Public Policy Interest Group
Resiko Petugas Sosial

Mantri Patra petugas medis dari Dinas Kesehatan Teluk Wondama, Papua. Status petugas medis yang bertugas menjadi penentu siapa yang bertanggung jawab atas penugasan dan penjemputan kembali pasca bertugas.

Sebagai petugas sosial tentu sudah tahu risiko yang akan ditanggung. Meskipun negara juga harus mengurus penyebab kematian petugas medis tersebut. Tetapi, sebagai petugas sosial kita sudah mengetahui risiko apa yang akan kta tanggung.

Keterlambatan penjemputan petugas medis ini menjadi tanggung jawab yang menugaskan, dalam hal ini Dinas Kesehatan Teluk Wondana. Alasan keterlambatan ini juga harus ditelurusi lebih jauh sesuai dengan kontrak kerja, apakah penjemputan harus menggunakan helikopter, darat atau sungai misalnya. Jika helikopternya rusak berarti harus tunggu diperbaiki. Jika petugas sosial pulang sendiri dengan upaya sendiri tentu menyalahi aturan kontrak, karena kontrak ditandatangani oleh yang bersangkutan.

Solusinya adalah bahwa selanjutnya, institusi/lembaga yang mengirim petugas medis harus lebih terencana, mulai dari pengiriman, pergantian petugas hingga penjemputan kembali pasca bertugas.

Tetapi kembali lagi, kondisi dan risiko sebagai petugas sosial sudah diketahui oleh yang bersangkutan sesuai dengan kontrak karena petugas sosial banyak jenisnya, misalnya banyak tenaga pengajar yang juga mengabdi ke daerah pedalaman setelah lulus. (yed)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

Gejala Diabetes Pada Anak, Waspadalah

0 OPINI | 15 October 2019

Bau Rumput Bisa Hilangkan Stres

0 OPINI | 15 October 2019

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI

FOLLOW US

Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia             Ekonomi Digital Jadi Pelengkap Saja             Stop Bakar Uang, Ciptakan Profit             Potensi Korupsi di Sektor Migas