BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Kebijakan Publik, Managing Partner PH&H Public Policy Interest Group
Resiko Petugas Sosial

Mantri Patra petugas medis dari Dinas Kesehatan Teluk Wondama, Papua. Status petugas medis yang bertugas menjadi penentu siapa yang bertanggung jawab atas penugasan dan penjemputan kembali pasca bertugas.

Sebagai petugas sosial tentu sudah tahu risiko yang akan ditanggung. Meskipun negara juga harus mengurus penyebab kematian petugas medis tersebut. Tetapi, sebagai petugas sosial kita sudah mengetahui risiko apa yang akan kta tanggung.

Keterlambatan penjemputan petugas medis ini menjadi tanggung jawab yang menugaskan, dalam hal ini Dinas Kesehatan Teluk Wondana. Alasan keterlambatan ini juga harus ditelurusi lebih jauh sesuai dengan kontrak kerja, apakah penjemputan harus menggunakan helikopter, darat atau sungai misalnya. Jika helikopternya rusak berarti harus tunggu diperbaiki. Jika petugas sosial pulang sendiri dengan upaya sendiri tentu menyalahi aturan kontrak, karena kontrak ditandatangani oleh yang bersangkutan.

Solusinya adalah bahwa selanjutnya, institusi/lembaga yang mengirim petugas medis harus lebih terencana, mulai dari pengiriman, pergantian petugas hingga penjemputan kembali pasca bertugas.

Tetapi kembali lagi, kondisi dan risiko sebagai petugas sosial sudah diketahui oleh yang bersangkutan sesuai dengan kontrak karena petugas sosial banyak jenisnya, misalnya banyak tenaga pengajar yang juga mengabdi ke daerah pedalaman setelah lulus. (yed)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan             Blok Masela Jangan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Asing             Hendaknya Jangan Berhenti pada Sisi Produksi             Konsumen Kritik Layanan, Seharusnya Dapat Penghargaan             Saatnya Perusahaan Old School Transformasi ke Dunia Digital             Temuan TPF Novel Tidak Fokus