BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Dosen Pascasarjana Magister Ilmu Administrasi Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama)
Semua Pihak Perlu Mengawasi Penggunaan Dana Otsus

Dengan adanya otonomi daerah atau otonomi khusus (Otsus) untuk Papua, pemerintah kabupaten/kota dan provinsi--khususnya kabupaten-- harus bisa lebih mengetahui keadaan kondisi masyarakatnya. Otonomi daerah mempendek pelayanan publik. Pusat tidak perlu lagi melakukan pelayanan publik, tetapi dilimpahkan ke daerah, khususnya kabupaten. Salah satu contohnya pelayanan kesehatan.

Seharusnya dengan era otsus seperti sekarang ini, hal-hal seperti KLB gizi buruk dan campak di Kabupaten Asmat tidak perlu terjadi. Pemerintah kabupaten dengan masyarakat seharusnya sudah menjadi lebih dekat, artinya pemerintah seharusnya sudah lebih mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada sebelum terjadi kejadian seperti KLB di Asmat.

KLB gizi buruk dan campak di Asmat perlu diselidiki. Apalagi dengan dana otsus yang dialokasikan untuk pendidikan dan kesehatan begitu besar. Perlu dilakukan evaluasi sejauh mana penggunaan keuangan dana otsus, DAK, DAU, dan APBD Kabupaten Asmat. Selain evaluasi penggunaan keuangan, perlu juga melakukan evaluasi terhadap jumlah dan kualitas tenaga medis di sana.

Jangan sampai dengan wilayah yang luas dan medan yang begitu sulit, jumlah tenaga medisnya kurang. Sehingga ini mengakibatkan pelayanan medis yang diberikan kepada masyarakat tidak maksimal, karena medan yang cukup berat. Kemudian tenaga medis yang sudah ada juga perlu diperhatikan. Bagaimana mereka dalam melakukan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selama ini pengawasan dari DPRD, pemerintah provinsi dan kabupaten itu kurang. Perlu ada pengawasan yang lebih sungguh-sungguh lagi. Jangan sampai para tenaga medis yang ada lebih sering tidak berda ditempat, sehingga pelayanan kepada masyarakat jadi terbengkalai.

Perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh oleh pemerintah provinsi dan kabupaten. Dengan melibatkan gereja, masyarakat adat, dan LSM yang ada. Untuk mengetahui bagaimana pelayanan kesehatan yang selama ini diberikan.

Untuk jangka panjang, masyarakat pedalaman Papua perlu diedukasi untuk hidup sehat. Ini adalah tugas kita semua, bukan hanya menjadi tugas pemerintah. Lembaga adat, gereja, dan LSM perlu mengambil bagian untuk mengedukasi masyarakat untuk hidup sehat, sehingga kejadian seperti di Kabupaten Asmat tidak perlu terulang kembali.

Oleh karena itu pemerintah, gereja, lembaga adat, tokoh-tokoh masyarakat dan LSM perlu bersinergi. Bukan hanya mengandalkan pemerintah saja, tetapi pemerintah perlu menjadi fasilitator untuk semua kegiatan ini. Supaya kegiatan-kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik. Pemerintah punya sumber daya untuk melakukan itu. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF