BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Manager, Climate Reality Indonesia
Seni Instalasi Bisa Jadi Solusi Limbah Plastik

Kini banyak pekerja seni yang berkolaborasi dengan ilmuwan di berbagai bidang menggunakan imajinasi dan keindahan seni untuk meningkatkan kepedulian dan mencari solusi masalah lingkungan hidup.

Instalasi seni raksasa yang menggunakan limbah plastik telah terbukti dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dan mendorong dialog tentang pencemaran plastik dan cara mengatasinya.

Secara global faktanya cukup mengerikan. Setiap tahunnya sebanyak 8 juta ton plastik mengalir ke lautan, dan setiap tahun juga satu juta burung-burung dan 100 ribu mamalia laut mati terjerat plastik.

Instalasi seni raksasa dapat membangkitkan emosi, serta membahasakan kembali informasi ilmiah yang sulit menjadi mudah untuk dipahami. Yang lebih penting lagi adalah mendokumentasikan karya seni yang dibuat, menyusun pedoman aksi, dan mengajak berbagai komunitas, termasuk pejabat pemerintah dan pengusaha, untuk bersama menikmati karya seni tersebut serta mencari dan menerapkan solusi pencemaran plastik. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FX Sugiyanto, Prof.

Guru Besar Universitas Diponegoro

FOLLOW US

Kematian Petugas KPPS Tidak Ada Yang Aneh             Memerangi Narkoba Tanggung Jawab Semua Pihak             Pendekatan yang 'Teenager Friendly'             Pendampingan Tiga Tungku             Perda Dulu Baru IMB             Kelalaian Negara dalam Misi Kemanusiaan             Kematian Petugas Medis; Pemerintah Harus Berbenah             Daerah Terpencil Sebagai Indikator Keberhasilan             Resiko Petugas Sosial             Kebijakan RI Perbanyak Barang Impor Masuk