BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Sikap Ahok Bangkitkan Trust Baru

Sikap pak Ahok yang memilih bebas murni dan tidak memanfaatkan haknya untuk "bebas bersyarat" adalah pilihan sikap yang bermakna besar. Sikap ini menjadi spirit baru untuk mengembalikan trust masyarakat kepada lembaga peradilan yang akhir-akhir ini runtuh untuk bersinar kembali.

Ketidak percayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan selama ini lebih disebabkan adanya dugaan praktek-praktek kotor dalam proses peradilan, tak terkecuali dalam soal permainan "bebas bersyarat". Kecenderungan seorang terpidana untuk keluar tahanan lebih cepat sebelum saatnya adalah manusiawi, disisi lain bagi seorang oknum aparat, kondisi ini dianggap peluang yang bisa dikompromikan untuk mendapatkan uang. Memilukan sekali melihat fakta praktik-praktik yang tidak seharusnya tidak lazim.

Keputusan pak Ahok untuk memilih bebas murni sangat berdampak positif dalam dua hal, Pertama  bisa menjadi virus positip bagi terpidana-terpidana lain untuk mengikuti jejaknya Kedua, bisa menutup "harapan" para oknum yang selama ini menganggap praktik ini sebagai  peluang. 

Rasanya tidak berlebihan jika banyak pihak yang mengapresiasi sikap pak Ahox secara positip dan angin segar dalam dunia hukum ke depan. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF