BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Institute for Development of Economics & Finance (INDEF)
Stabilitas Sangat Berdampak Pada Ekonomi

Kebebasan berserikat dan menyampaikan pendapat sepanjang disampaikan dalam koridor  yang benar, sesuai dengan aturan kenapa harus dibatasi, ditakut-takuti, diancam sehingga menimbulkan hal-hal yang kontraproduktif,

Imbauan tidak bisa dilakukan satu pihak dengan menyerukan untuk tidak melakukan perbuatan yang inkonstitusional tetapi juga tidak memberikan ruang kepada pihak yang ingin menyampaikan pendapat secara konstitusional.

Konflik ini merupakan persoalan antarelit. Masyarakat di tingkat akar rumput  sudah dewasa dalam berdemokrasi. Namun tidak bisa juga membuat tafsir sepihak dengan menyatakan orang yang tidak setuju dengan hasil pemilu dianggap inkonstitusional.  

Stabilitas sangat berdampak terhadap ekonomi, terutama investasi di sektor riil, penanaman modal asing langsung (FDI), dan investasi domestik dalam bentuk pembangunan pabrik-pabrik. Berbeda dengan respon investor di pasar keuangan dan pasar modal. Mereka gampang saja memutuskan sesaat untuk masuk atau keluar dari pasar dan berspekulasi dengan kondisi terkini untuk mengambil keuntungan tanpa memikirkan kepentingan jangka panjang.

Berbeda dengan investor yang menanamkan modalnya secara langsung di sektor riil, akan berpikir jangka panjang, tidak berdasarkan pertimbangan kondisi politik sesaat. Dengan melihat ketidakpuasan masyarakat terhadap hasil rekapitulasi  penghitungan suara Pemilu 2019, para investor akan mengkalkulasi apakah akan menimbulkan instabilitas dalam jangka panjang atau terjadi persoalan kebangsaan di tengah jalan.

KPU sudah mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tetapi jika penanaman modal tidak juga masuk maka berarti tingkat kepercayaan mereka turun.  Kepercayaan tidak bisa dibangun dengan tindakan refresif terhadap pendemo untuk diam sesaat. Jika konflik politik tidak diselesaikan secara menyeluruh dapat menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja.

Cara aparat menangani pendemo akan menjadi  catatan bagi investor sektor riil apakah penyelesaiannya tuntas atau tidak, karena akan berisiko pada stabilitas perekonomian. Berbeda dengan investor portofolio yang tidak menjadikan situasi politik terkini sebagai dasar pertimbangan.

Untuk menciptakan kepercayaan kepada investor, pelaku usaha,  dan dunia internasional, jangan menyisakan persoalan, segala sesuatunya harus diselesaikan secara tuntas, secara baik-baik, dan menyeluruh.

Tingkat kepercayaan dapat dilihat pada sikap investor sektor riil, bukan pada investor di pasar keuangan  yang bebas keluar masuk pasar setiap saat. (sar)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Wajar Ada Ketidakpuasan Terkait Kinerja KKP             Hidupkan Lagi Direktorat Keselamatan Jalan             Masalah Klasik Pidana Penjara             Pelesiran Setya Novanto, Biasa Itu!             Kinerja Menkumham Benahi Lapas Tidak Memuaskan             Maskapai Asing, Investasi yang Buruk Bagi Ekonomi Nasional              Hilangnya Kompetisi di Pasar Penerbangan Domestik             Masalah pada Inefisiensi dan Pengkonsentrasian Pasar              SBY Harus Bisa Menenangkan              Lebih Baik Kongres 2020