BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia
Tak Cukup Imbauan

Ajakan pemerintah untuk meningkatkan kapasitas dan mengisi celah yang ditinggalkan produk China yang biasa mengisi pasar AS merupakan hal yang bagus. Ini bukan hanya pekerajaan pemerintah tetapi juga swasta. Namun harus jelas kerja sama antara pemerintah dan swasta tersebut.

Dalam merealisasikan ajakan pemerintah tersebut ada domain pemerintah dan swasta yang berbeda-beda. Pemerintah mungkin bisa membantu dari sisi infrastruktur dasar, kebijakan, dan insentif. Sementara itu, swasta diminta melihat peluang bisnis dan peningkatkan efisiensi.

Semua ini harus dimulai dari pemerintah dengan memfasilitasi swasta. Swasta tidak dapat menangkap sendiri peluang yang muncul dari Perang Dagang AS-China kalau iklimnya tidak kondusif.  Jika kebijakan pemerintah lebih menguntungkan negara lain maka sulit meminta peran serta swasta untuk berpartisipasi.

Mengenai produk yang dipilih seperti tekstil, garmen, produk elektronik, dan mebel merupakan produk unggulan yang menjadi kekuatan Indonesia, namun produk tersebut mendapatkan saingan yang lebih ketat  dari negara lain, sehingga peluang lebih banyak diambil mereka,sementara Indonesia mendapatkan sisa kuota.

Pemerintah tidak cukup hanya mengumpulkan pengusaha dan meminta mereka untuk menangkap peluang dari Perang Dagang AS-China, tetapi tidak ada tindak lanjut kerja sama secara riil antara pemerintah dan swasta. Swasta melihat kebijakan yang dikeluarkan pemerintah belum cukup efektif mendorong investasi.  Dari sekian banyak paket kebijakan belum terlihat realisasinya. (sar)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Zaman Zaini, Dr., M.Si.

Dosen pascasarjana Institut STIAMI, Direktur Sosial Ilmu Politik CPPS (Center for Public Policy Studies), Staf Khusus Bupati MURATARA Sumsel

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Pemerintah Daerah Harus Berada di Garda Terdepan             Tegakkan Aturan Jarak Pendirian Ritel Modern dengan Usaha Kecil Rakyat             Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar